Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Tangerang Selatan mengadakan vaksinasi rabies secara gratis di tujuh kecamatan.

"Pada hari ini kegiatan dilaksanakan di Kecamatan Setu dan diikuti 25 warga yang memvaksinasi hewan peliharaannya," kata Kepala Puskeswan Kota Tangerang Selatan Pipit Surya Yanuar di Tangerang, Kamis.

Pemberian vaksin secara gratis di Puskeswan ini untuk jenis hewan seperti kucing, anjing, dan musang. ''Pemberian vaksinasi ini murni difasilitasi oleh Pemkot Tangsel secara gratis tanpa ada biaya apapun,'' katanya dalam keterangan resmi.

Untuk jadwal pelaksanaan vaksinasi di setiap kecamatan berbeda. Di Kecamatan Serpong berlangsung sejak tanggal 10 hingga 11 September 2019. Totalnya ada 30 warga yang ikut dalam program tersebut.

Sementara di Kecamatan Setu berlangsung hari ini, Kamis (12/9), sebanyak 25 hewan yang divaksin. Selanjutnya vaksinasi akan dilaksanakan di Kecamatan Pamulang pada 16-17 September.

Di Kecamatan Ciputat dilaksanakan pada tanggal 18-19 September. Kemudian di Kecamatan Ciputat Timur tanggal 23-24 September. Wilayah Pondok Aren dilaksanakan tanggal 25-26 September.

Terakhir di Kecamatan Serpong Utara pada tanggal 30 September hingga 1 Oktober mendatang. “Pelaksanaan vaksinasi ini berlangsung sejak pukul 08.00 sampai pukul 12.00 WIB," katanya.

Pipit menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia setiap tanggal 28 September, “Kegiatan ini kita lakukan, karena kita ingin
mewujudkan Tangsel bebas rabies,” katanya.

Pipit mengatakan, dalam menjalankan program vaksinasi itu pihaknya menggunakan vaksin berjenis Rabivet Supra 92.

"Vaksin ini ampuh mencegah penyakit rabies pada anjing, kucing, kera, dan musang. Selain itu vaksin yang digunakan ini juga disarankan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia," kata dia.

Pipit mengimbau warga untuk rutin memberikan vaksin pada hewan peliharaannya. “Harus rutin dilakukan vaksinasi baik saat ada program pemerintah maupun membawa hewannya ke klinik hewan,” ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019