Bupati Pandeglang, Irna Narulita yang didampingi para kepala organisasi prangkat daerah (OPD) terkait, dan perwakilan dari Disparda dan ESDM Provinsi Banten mempresentasikan site plan serta konsep pengembangan Geopark Ujung Kulon kepada Menteri ESDM RI, Ignatius Jonan di Jakarta, Kamis.

"Geopark Ujung KuloKulon merupakan daya tarik wisata domestik, apalagi sarana penunjangnya sudah disiapkan oleh pemerintah pusat melalui Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, seperti jalan tol dan bandara," katanya.

Sedangkan Rohaendi perwakilan dari Disparda dan ESDM Provinsi Banten menyatakan, bahwa geopark atau taman bumi amat potensial  menjadi daya tarik wisata, karena  merupakan bagian dari konsep pengembangan dari geopark itu sendiri.

"Yang kami kawal sejak beberapa kali FGD dan banch marking sebelumnya seperti itu. Dengan di tetapkannya Geopark Ujung Kulon ini, maka semua wilayah yang termasuk geositenya  harus mulai berkemas dalam sisi kepariwisataannya," kata Rohaendi yang juga salah satu seniman Banten asal Kabupaten Pandeglang ini.

Rohedi mengatakan  akan bersinergi dalam sisi kepariwisataannya seperti geopark-geopark lainnya di Indonesia dan dunia.

"Tujuannya agar potensi taman bumi ini bukan saja bernilai konservasi tetapi bernilai ekonomi bagi masyarakat," ujarnya.
 

Pewarta: Deni Setiadi

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019