Kegiatan Saung Edukasi Pandali yang berada di Kabupaten Lebak Banten menyuguhkan dongeng dan cerita rakyat yang mengandung nilai-nilai budi pekerti dan semangat juang untuk anak-anak.                     

Pengasuh Saung Edukasi Pandali Ade Bahtiar di Lebak, Senin menjelaskan selain menyuguhkan kegiatan mendogeng melalui cerita rakyat, saung edukasi Pandali juga memberikan beberapa lomba ketangkasan serta lomba hafalan surat pendek. Namun sebelum kegiatan inti, anak-anak bersama para guru diajak mengikuti senam Gemu Famire. sehingga  anak-anak bersemangat mengikuti setiap gerakan yang menurut mereka masih baru itu.

"Kita fasilitasi anak-anak melalui beberapa kegiatan, salah satunya adalah mendongeng, dimana anak-anak disuguhkan cerita rakyat yang mengandung nilai-nilai budi pekerti," kata Ade.                                        

Saung edukasi Pandali merupakan lembaga pendidikan non formal yang memfasilitasi anak-anak untuk belajar tentang berbagai hal, antara lain komunikasi, literasi, pendidikan agama, dan budi pekerti.          

Bahkan kata Ade, anak-anak juga dibekali pelajaran peternakan dan pertanian. Sehingga diharapkan kedepan anak-anak bisa mandiri.                                             

Yang menarik dalam kegiatan tersebut adalah saat bagian atau sesi mendongeng, dimana pada akhir cerita mereka diberikan pertanyaan-pertanyaan meliputi judul cerita, pengarang, isi cerita hingga kepada pelajaran atau hikmah yang terkandung dalam cerita tersebut.                                               

"Seluruh kegiatan mereka ikuti dengan penuh semangat, terlebih lagi ketika di akhir kegiatan semua peserta, baik para fasilitator maupun anak-anak menyantap makanan ringan dan minuman segar bernutrisi, " kata Ade.

Ade berharap mudah-mudahan keceriaan mereka terus berlanjut melalui bantuan dari para donatur maupun masyarakat yang memiliki keperdulian terhadapa pendidikan anak-anak.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019