Memperingati HUT ke - 73 Jalasenastri, Ketua Cabang 7 Korcab III DJA I  Erna Golkarianysah bersama anggota melaksanakan penamanam 150 bibit mangrove dan bakti sosial di Pantai Wisata Kampung Pancer Karangantu, Minggu (25/08).

Penanaman mangrove dipilihnya, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan karena hutan mangrove sangat berperan penting dalam menjaga  garis pantai agar tetap stabil.

"Saat ini kan kondisi mangrove kita banyak rusak. Saya kira perlu ada kepedulian dari kita semua untuk tetap menjaga kelestarian nya. Terlebih kehadiran populasi pohon dan semak yang ada pada hutan mangrove tersebut dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai," katanya.

Selain itu, pohon mangrove menurutnya mempunyai peran penting lainnya yakni melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi dan abrasi.

Selain itu,  keberadaan hutan mangrove sangat penting bagi kelangsungan ekosistem di pantai Karangantu. Karena menurut data yingkat kerusakan hutan mangrove di Provinsi Banten mencapai 60 persen dari total 2.600 hektare, dan sedang diupayakan memulihkannya melalui kegiatan penanaman kembali.

Hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Lanal Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah, Palaksa Lanal Banten, Paspotmar Lanal Banten, nelayan Karangantu, Saka Bahari Banten dan pengurus Jalasenastri Cabang 7 Korcab III beserta anggota.

Pewarta: Susmiyatun Hayati

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019