PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) atau yang lebih dikenal dengan PNM melalui Unit Usaha Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) Cabang Neglasari Area Tangerang 1 Regional Tangerang, Jumat (23/8), melatih membuat aneka kue basah yang diikuti sekitar 50 emak-emak di sekitar RW 06 Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang.

Pelatihan kepada emak-emak yang merupakan nasabah perusahaan plat merah di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan membuat aneka kue basah guna meningkatkan taraf hidup keluarga.

Wahyu Widi Nugraha, Region Manager PNM Mekaar Tangerang Raya mengatakan, diadakannya pelatihan membuat Aneka Kue Basah yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan Golkar itu dimaksudkan untuk membekali Emak-Emak di Kampung Bekelir dengan ketrampilan praktis  dan pengetahuan umum guna memajukan ekonomi masyarakat kelas kecil di bantaran Kali Cisadane.

"Ibu-ibu di sini rata-rata sudah akrab dengan berbagai macam kuliner dan aneka kudapan karena dekat dengan pusat Kuliner Kota Tangerang yakni Pasar Anyar. Untuk itu harus dilengkapi dengan keahlian membuat Aneka Kue, agar tidak hanya menjadi penonton di rumah sendiri. Syukur-syukur, ibu-ibunya bisa berkreasi membuat aneka kudapan untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga mereka,” ujar pria yang akrab disapa Widi.

Lebih lanjut diungkapkan PNM Mekaar di Wilayah Tangerang sudah berjalan hampir 3 tahun, atau  dari 2017, untuk pelatihan di Kecamatan Neglasari ini merupakan pelatihan ke 2 dari program klasterisasi yang mencakup 3 kali pelatihan derngan materi berbeda. Sebelumnya telah diberikan pelatihan bagaimana membuat Kue Bika Ambon. Menurut Pria yang masih betah melajang itu kelompok-kelompok yang sudah berjalan untuk mencari dulu potensinya, “Kita tidak sembarangan melakukan pelatihan nantinya percuma kalau kita adakan pelatihan tapi tidak di tindak lanjuti oleh mereka," ujarnya

"Yang tadinya tidak bisa jadi bisa, kita sistemnya perkelompok, kenapa perkelompok agar ibunya bisa bertukar pendapat tentang usaha mereka, keunggulan PNM Mekaar sendiri adalah adanya pelatihan-pelatihan dan di Kelurahan Bekelir yang secara administratif masuk wilayah Kecamatan Tangerang ini Rencananya akan dilakukan sebanyak tiga kali," tambahnya.

Sementara itu, Muhammad Kholid Ketua RW.6 Kelurahan Bekelir mengingatkan kepada warganya yanag menjadi nasabah Mekaar, agar masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik dana yang diperoleh dari PNM berikut pelatihannya untuk meningkatkan perekonomian, ia juga menegaskan jangan sampai mengecewakan dan mempermalukan Kampung bekelir yang telah memiliki brain imege yang baik selama ini dengan tidak disipilin dalam menjalankan kewajiban kepada PNM.

 "Saya sangat setuju sekali, ini harus kita laksanakan untuk meningkatkan perekonomian, saya menghimbau jangan sampai mengecewakan yang telah membina kita, ini juga mendongkrak tingkat kesejahteraan keluarga. Ini salah satunya mendidik masyarakat Kampung Bekelir dalam hal perekonomian,

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019