Pemerintah Kota Tangerang Banten masih mematangkan konsep penggunaan pallet plastik sebagai penutup saluran air untuk memudahkan membersihkan sampah.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang Selasa menjelaskan, penggunaan pallet plastik untuk penutup saluran sangat memudahkan masyarakat dalam membersihkan sampah yang menumpuk di saluran air.

Pasalnya, pallet plastik tidak berat seperti beton yang selama ini digunakan, sehingga warga bisa membukanya dengan mudah.

Walaupun demikian, harus juga disiapkan antisipasi agar pallet plastik tersebut tak mudah hilang sebab bisa dengan mudah dibawa pencuri.

Baca juga: BPBD Kota Tangerang siapkan nomor darurat terkait pemadaman listrik

“Kalau pakai pallet kan ringan, bisa gampang kalau mau membersihkan saluran. Tinggal komitmen dari masyarakat yang harus dikuatkan untuk bantu Pemkot Tangerang menjaga saluran,” katanya.

Dengan pallet plastik, lanjut Walikota, akan menghemat anggaran Pemkot Tangerang untuk kebutuhan pembangunan drainase di seluruh wilayah Kota Tangerang.

“Dengan panjangnya saluran air di kota , bayangin kalau sampahnya tidak dibersihkan ,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Cipondoh, Rizal Ridolloh mengungkapkan, dengan digunakannya pallet plastik sebagai penutup drainase dirasa akan membantu petugas kebersihan di wilayah.

“Tadi saya coba angkat yang dari beton memang sulit dan berat, perlu dua sampe tiga orang untuk mengangkatnya jadi sulit untuk kontrol kebersihan drainase,” jelas Rizal.

Baca juga: 916 mahasiswa Unis ikuti kuliah kerja di 20 desa/kelurahan Tangerang

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019