Polda Banten menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Lomba Kampung Bersih dan Aman yang sudah di lakukan oleh Pemkot Surabaya.                   

"Tentunya ini hal bagus, tidak ada salahnya  kita contoh dari Surabaya, kita berfikir kira-kira Kota Surabaya ini berpindah ke Kabupaten Serang" kata Direktur Binmas Polda Banten Kombes Pol. Oki Waskito, di Serang, Rabu.                                                  

Ia menjelaskan, beberapa waktu lalu Kapolda Banten bertemu dengan Sekda Banten yang baru, kemudian Kapolda menceritakan tentang rencana Kabupaten Serang yang akan mengadakan lomba kampung bersih dan aman tersebut, dan  selanjutnya di dukung sepenuhnya oleh Sekda Banten.                                              

"Jadi ini merupakan pilot project dari Provinsi Banten, karena baru kabupaten Serang yang merspon pertama kali kegiatan ini di Banten, rencananya semua kabupaten kota akan melaksanakan kegiatan ini," kata Oki.

Ia menjelaskan program kampung bersih dan aman di Kabupaten Serang tersebut melibatkan tiga wilayah hukum, yakni Polres Serang, Polres Cilegon, dan Polres Serang Kota.                                                  

"Tiga Polres itu masuk dalam program ini dari sisi keamanan. Jadi sebersih apa pun, se indah apapun lingkungan RT dan RW tidak akan lengkap kalau tidak aman," katanya.

Ia menambahkan, dalam program ini harus di ciptakan kader-kader sadar hukum yang bertugas memberikan pembinaan kepada masyarakat.

"Kader sadar hukum itu harus ditetapkan, harus jelas orangnya siapa, kegiatannya apa, kalau kegiatan pembinaan hukum dicapai ada maling ke tangkep, jangan main hakim sendiri, itu namanya sadar hukum," katanya.                                   

Ia berharap semua warga kabupaten Serang mendukung program ini, karena ini merupakan kegiatan yang positif yang harus di kawal oleh semua unsur, baik pemerintah, tokoh agama dan juga kepolisian.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019