Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memiliki ruang mini pengendali kebersihan dan keberadaannya sangat penting untuk mengontrol aktivitas petugas, armada hingga menghimpun database kebersihan.

Kasi pengurangan sampah pada DLH Dika Agus Hermaji di Tangerang, Minggu (21/7) mengatakan ruang mini kebersihan yang berada di kantor DLH ini memanfaatkan teknologi informasi untuk mengontrol aktivitas petugas, armada sampai dengan database kebersihan.

"Ada 7 personil yang bertugas memantau aktivitas kebersihan secara real-time. Jadi kami bisa memantau kinerja petugas lapangan melalui ruang mini ini," ujar dia.

Terkait database kebersihan, di ruang pengendali tersedia data pengurangan sampah dari berbagai program seperti data bank sampah sampai sedekah sampah.

Baca juga: Baznas Kota Tangerang seleksi mahasiwa penerima beasiswa

"Jadi, bicara soal kebersihan dan pengurangan sampah berdasarkan data, berapa jumlah sampah yang masuk TPA Rawa Kucing, berapa pengurangan sampah dan lainnya," papar dia.

Kepala Bidang Kebersihan DLH yaitu Buceu Gartina menuturkan, volume sampah yang dihasilkan masyarakat Kota Tangerang setiap harinya adalah 1.241 ton.

Dari total tersebut, 930 ton sampah terangkut petugas dan sisanya diolah warga untuk kerajinan dan kompos. "Kita juga banyak menggalakkan program pengelolaan sampah dipemukiman," ujarnya.

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang ingin melaporkan pengaduan mengenai kebersihan maka dapat menghubungi sejumlah nomor yang telah disediakan DLH Kota Tangerang.

Adapan layanan call center tersebut yaitu 08111631631, 085694791936, 081310050745, 089519832676 atau dapat melalui akun instagram @dlhkotatangerang.

Baca juga: JORR II tanggung jawab gangguan debu pada aktifitas belajar siswa

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019