Ratusan siswa mengikuti seleksi masuk (simak) Universitas Indonesia (UI)  yang dilaksanakan di SMAN Ciruas Serang. Dari ratusan peserta tersebut terdapat 124 orang berasal dari Kabupaten Serang untuk 7 Prodi pada Fakultas Vokasi UI.                                                        

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya di Serang, Minggu, mengatakan siswa yang berasal dari Kabupaten Serang sebanyak 124 orang  dan 114 siswa diantaranya telah di bantu pendaftarannya oleh Pemkab Serang.                                                      

"Kami telah upayakan untuk 114 siswa dari 124 peserta dapat dibantu biaya pendaftarannya, tentunya  dengan alasan kelayakan bantu, yakni dari fasilitas dana CSR BJB-Banten Cabang Serang dengan jumlah Rp400.000 per siswa," katanya.  

Baca juga: Bupati Serang: Pengembang perumahan wajib bangun fasos-fasum                                                 

Sebelumnya, telah dilaksanakan tes tahap 2, yakni wawancara (MMI) untuk Seleksi Fakultas Kedokteran Untirta. Dari kisaran 500 peserta yang berhak mendapat kesempatan untuk MMI hanya 100 peserta. Dan dari 100 peserta test  di peroleh informasi terdapat 27 peserta dengan jumlah terbanyak berasal  dari Kabupaten Serang.                                                      

Menurut Asep Pemkab Serang melalui Dinas Dinas Pendidikan dan kebudayaan  telah menyiapkan dana beasiswa yang berasal dari APBD full selama pendidikan bagi 10 siswa yang lulus di S-1 Prodi/Fakultas Kedokteran Untirta dan 12 siswa bagi yang lulus D-3 simak Vokasi UI.      

 "Semoga anak-anak Kabupaten Serang mendapatkan kesempatan pendidikan terbaik dengan dukungan Beasiswa APBD Kab Serang atas kebijakan dan inisiasi Ibu Bupati Serang,"katanya.                                        

Ia menambahkan Pemerintah Kabupaten Serang sejak beberapa tahun ini telah memberikan perhatian khusus terhadap dunia pendidikan, berbagai beasiswa telah diberikan dari tingkat SMP sampai perguruan tinggi dengan jumlah ratusan siswa.                                                  

"Ibu Bupati punya niat sangat mulia. Beliau menyampaikan bahwa tidak boleh ada siswa putus sekolah, dan khusus mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi, tetapi punya kemampuan akademik yang baik, harus diberikan beasiswa,” katanya.

Baca juga: Silpa APBD Kabupaten Serang 2018 berasal dari efisiensi OPD

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019