Hasil panen setiap bulannya yang dilakukan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar Berseri RW 04, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang dapat menambah penghasilan warga setempat khususnya ibu rumah tangga.

Kepala Bidang Keanekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Eny Nuraeny di Tangerang Rabu menuturkan, upaya yang dilakukan oleh KWT Mawar Berseri adalah bentuk dari menumbuh kembangkan kreativitas warga melalui bercocok tanam.

"Dari panen yang dilakukannya tersebut, bisa menambah penghasilan dan menambah keanekaragman pangan keluarga," ujarnya.

Perlu diketahui, awal pekan ini hasil panen yang dilakukan oleh KWT Mawar Berseri adalah sayuran pakcoy dan kacang tanah.

“Dengan lahan yang terbatas, saya salut warga dapat memanfaatkan lahan secara produktif,” ujar Eny.

Baca juga: BPPT Akan Jadikan Tangerang Selatan Sentra Anggrek

KWT Mawar Berseri rutin melakukan panen setiap bulan dengan sayuran yang berbeda-beda. Kali ini, panen kacang tanah dan pakcoy. Hasil dari panen dijual ke masyarakat dengan kisaran harga Rp 5000 hingga Rp 20.000.

“Bagi yang ingin mengetahui tips bercocok tanam, sekaligus berwisata petik sayur, silakan datang ke KWT Mawar Berseri,” ajaknya.

Perlu diketahui, Pemerintah Kota Tangerang telah membuat program Tangerang Berkebun dengan mengajak warga memanfaatkan perkarangan rumah untuk berkebun.

Selain itu dibentuk juga KWT yang anggotanya adalah ibu rumah tangga. Tujuannya adalah agar memiliki kegiatan dan juga menghasilkan pendapatan.

Lahan mati yang tak terawat, kini banyak sudah berubah menjadi area berkebun. Tercatat sudah ada puluhan KWT terbentuk di setiap Kelurahan.

Baca juga: Kampung Markisa Kota Tangerang masuk penilaian proklim KLHK

Baca juga: Pemkot Tangerang resmikan kampung tertib dan aman

Baca juga: Kampung ATM Cipondoh dilengkapi home industri konveksi

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019