Pemerintah Kota Tangerang di Banten akan menerapkan sistem stiker untuk memudahkan pendataan penerima bantuan sosial dan memastikan program-program bantuan sosial tepat sasaran.

"Stikerisasi ini diberikan kepada penerima bantuan sosial dari Pemkot Tangerang, Provinsi maupun nasional," ujar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Senin.

Dengan sistem itu, rumah-rumah warga penerima bantuan sosial dari pemerintah di Kota Tangerang akan dipasangi stiker dan petugas pemerintah akan mencontreng jenis bantuan yang sudah diterima pemilik rumah saat melakukan pemantauan.

"Misalnya saja rumah tersebut menerima program Tangerang Cerdas, maka dicontreng. Begitu juga bantuan sosial lainnya. Ini bagian dari validasi," kata Wali Kota.

Pemerintah Kota Tangerang sedang mempersiapkan penerapan sistem itu dan berencana mulai menerapkannya tahun ini.

Wali Kota menjelaskan bahwa dalam lima tahun terakhir Pemerintah Kota Tangerang menggulirkan sejumlah program bantuan sosial bagi warga miskin, antara lain pembangunan rumah layak huni dan jamban keluarga dalam program Tangerang Bebenah.

Warga Kota Tangerang sebagian juga merupakan penerima bantuan sosial dari pemerintah pusat dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).


 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019