Pemerintah Provinsi Banten siap menggelontorkan bantuan Rp100 miliar untuk segera mewujudkan berdirinya fakultas kedokteran Untirta untuk mencetak tenaga dokter berkualitas di Banten.

Gubernur Banten Wahidin Halim di Serang, Jumat (10/5) mengatakan saat ini Banten mengalami kekurangan tenaga medis khususnya dokter hingga 500 orang. Kendati setiap tahun Pemprov Banten membuka seleksi CPNS untuk formasi dokter khususnya dokter spesialis, namun jumlahnya belum dapat memenuhi kebutuhan yang ada.

Oleh karena itu, Pemprov Banten siap mendukung dan memberi bantuan dana hingga Rp100 miliar kepada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang saat ini telah membuka Fakultas Kedokteran.

"Untuk kebutuhan anggaran operasional, tahun ini kami sudah gelontorkan Rp50 miliar, kalau perlu nanti ditambah Rp100 miliar. Selain itu nanti ada beasiswanya juga," kata Wahidin Halim saat menghadiri stadium general dan penyerahan keputusan Menristekdikti tentang izin pembukaan program studi kedokteran, di ruang Auditorium gedung B Kampus Untirta.

Oleh karena itu, Gubernur mengaku sangat antusias dengan diberikannya SK Menristekdikti tentang izin pembukaan program studi kedokteran di Untirta. Karena selain Banten sangat membutuhkan tenaga kedokteran, kehadiran fakultas ini juga sebagai pelengkap dari sekian banyaknya fakultas di Untirta.

"Selain dapat beasiswa, nanti lulusannya bisa diangkat menjadi PNS Pemprov Banten sebagai bentuk kerja sama antara Pemprov dengan Untirta ke depan, asalkan usianya tidak lebih dari 35 tahun. Tapi kalau memungkinkan, khusus untuk dokter spesialis ini kita usulkan bisa diatas 36 tahun," katanya.

Gubernur Banten dan Rektor Untirta Soleh Hidayat sama-sama berharap hadirnya Fakultas Kedokteran ini mampu meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat Banten.

Menurut Wahidin, kesehatan di Banten masih banyak menghadapi hambatan dan tantangan maka dengan hadirnya Fakultas Kedokteran Untirta di Banten akan membantu mengurangi hambatan dan tantangan tersebut.

Rektor Untirta Soleh Hidayat mengapresiasi sekaligus menyampaikan rasa terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Banten atas komitmennya membangun Banten, terutama dalam proses perizinan FK Untirta tersebut. Karena, menurut Soleh, Gubernur ikut berperan penting dalam proses hingga keluarnya izin.

"Padahal sudah lama tim kita mengajukan FK, tapi karena banyak kendala maka terhambat namun kita tidak pantang menyerah hingga suatu saat saya mengunjungi Pak Gubernur Wahidin yang saat itu baru saja dilantik 4 bulan untuk membantu pembangunan FK Untirta secara konkret," kata Soleh Hidayat.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019