Pemerintah Provinsi Banten masih menunggu hasil keputusan Tim Penilai Akhir (TPA) dari Sekretariat Kepresidenan untuk penetapan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, Komarudin, di Serang, Selasa mengatakan, Presiden Joko Widodo diprediksi akan mengeluarkan dan menandatangani surat keputusan (SK) penetapan Sekda Banten paling lambat pada minggu ketiga bulan Mei ini.

"Informasi yang kami dapat, sekarang ini TPA calon Sekda Banten akan melakukan rapat akhir hasil dari jejak rekam maupun penilaian lainnya," kata Komarudin.

Ia menjelaskan, jika TPA telah menyelesaikan tugasnya, maka hasilnya akan langsung disampaikan kepada Presiden Jokowi.

"Kalau itu sudah sampai ke Bapak Presiden minggu ini, maka sudah dipastikan mingu depan sudah ada SK-nya," katanya.

Menurut Komarudin, lambatnya hasil TPA calon Sekda Banten lantaran ada sejumlah daerah yang juga sedang mengajukan penetapan Sekda, salah satunya yang berbarengan dengan Provinsi Banten adalah Sulawesi Selatan (Suilsel).

"Yang saya tahu itu ada juga dari Sulawesi Selatan (Sulsel) sama sedang dikerjakan oleh TPA untuk calon sekdanya," kata Komarudin.

Menurutnya, jika SK Sekda Banten telah ditandatangani oleh presiden pada minggu ketiga Mei, maka sebelum idul fitri atau lebaran sudah ada sekda Banten yang definitive. Sehingga jika sudah keluar SK penetapan salah satu nama Sekda Banten dari tiga nama yang diajukan, maka akan segera dilakukan pelantikan.

"Kalau sudah ada sekdanya, nanti akan kita bahas persiapan pelantikan eselon III dan IV termasuk eselon II," kata Komarudin,.

Sebelumnya Gubernur Banten Wahidin Halim telah mengajukan tiga nama calon sekda Banten yang merupakan hasil lelang jabatan atau open bidding. Tiga nama calon sekda yang diajukan kepada presiden tersebut yakni Prof Lili Romli (Peneliti LIPI), Septo Kalnadi (Sekretaris KPU Banten) dan Al Muktabar (pejabat Kemendagri). ***2***

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019