Kepala Satuan Kerja Tol Manado-Bitung, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPNJ) XV Sulawesi Utara dan Gorontalo, Giri Yudhono mengatakan, tiga jembatan yang ada di seksi IA sepanjang tujuh kilometer diperkirakan selesai Juni-September.

"Jembatan Tembran dan jembatan alur Sungai Tondano diperkirakan selesai pada pada bulan Juni, sementara jembatan Sungai Tondano diperkirakan selesai September," kata Giri di Manado, Kamis.

Ketiga jembatan yang akan diselesaikan dalam waktu yang tidak bersamaan itu kondisinya sudah pada pembangunan konstruksi atas.

"Jadi ada yang sudah selesai pengecoran plat jalan, tinggal buat pagarnya, dirapikan, hingga ada yang sementara pengangkatan balok girdernya. Kita masih bisa kejar percepatan penyelesaiannya," ujarnya.

Selain membangun jembatan di seksi IA, BPJN juga membangun overpass Kalawat II, overpass Kawangkoan I dan overpass Kawangkoan II.

Selanjutnya, di seksi IB (sepanjang tujuh kilometer), konstruksi jembatan Dinambunan I, jembatan Dinambunan II dan jembatan Dinambunan III, telah selesai dibangun.

Selain jembatan juga dibangun underpass Sarongsong, overpass Sarongsong, overpass Minawerot, overpass Tumaluntung dan overpass Manado-Bitung. "Konstruksi jalan sudah selesai, tinggal jembatan dan beberapa pengerjaan kecil lainnya," ujarnya.

Giri menambahkan, khusus di seksi IB, rambu lalu lintas, marka jalan, serta infrastuktur pelengkap lainnya sudah selesai 100 persen. "Kalau untuk perkembangan konstruksi fisik di seksi II A dan IIB saya belum mendapatkan informasi terbarunya," katanya.

Giri masih optimistis, pengerjaan kontruksi jalan dan jembatan serta asesoris pendukung lainnya di seksi I yang menjadi porsi pemerintah bisa dioperasikan pada Oktober tahun ini.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019