Sekitar tiga ribu buruh dari Kota Tangerang, Banten, telah bergerak ke Jakarta menggunakan bus dan  kendaraan bermotor roda empat, bergabung dengan teman-temannya sesama buruh dalam memperingati May Day Internasional, 1 Mei 2019.

Sekjen KASBI yakni Sunarno di Tangerang, Rabu (1/5) mengatakan, titik kumpul dari aksi adalah di Istana Negara. Nantinya, para buruh dari Kota Tangerang akan bergabung dengan serikat buruh lainnya yang berasal dari daerah lain.

"Ada 50 kendaraan yang terdiri dari bus dan mobil pribadi yang membawa para buruh ke Jakarta. Pusat aksi adalah di Istana Negara," ujarnya ditemui di Kawasan Industri Niaga Jalan Daan Mogot Kecamatan Batuceper.

Pantauan dilokasi, keberangkatan para buruh tersebut dikawal dari kepolisian dari Polres Metro Tangerang Kota. Para buruh pun sudah mempersiapkan beragam atribut untuk aksinya.

Adapun tuntutan yang ingin disampaikan adalah mengenai masalah pengangguran yang semakin tinggi dan status pekerja yang rentan di PHK.

Harapan para buruh kepada pemerintah dan pemimpin selanjutnya adalah dapat meningkatkan kesejahteraan untuk hidup yang layak.

"Harapannya adalah, nasib buruh ke depannya memiliki jaminan yang pasti dan tak ada lagi PHK yang membuat was was para pekerja. Pemerintah harus bisa menyelesaikan tuntutan yang ada demi kehidupan yang sejahtera," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019