Festival "Seba Baduy" yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak, Banten menghadirkan komoditas pepaya california hasil pengembangan budi daya petani Kecamatan Warunggunung.

"Kita merasa senang bisa menjual pepaya california pada kegiatan Festival "Seba Baduy"," kata Dudung (55) seorang petani Warunggunung Kabupaten Lebak, Senin.

Permintaan pepaya california dari Kecamatan Warunggunung banyak diminati konsumen. Keunggulan pepaya tersebut,selain organik tanpa pupuk kimia juga kualitasnya cukup baik.

Selain rasanya manis, beraroma, buahnya tebal juga tidak banyak mengeluarkan air. "Kita hari ini sudah terjual sebanyak dua kuintal dengan harga Rp6.000/Kg," katanya menjelaskan.

Menurut dia, pepaya california yang dikembangkanya itu murni menggunakan pupuk organik dari kotoran ternak kerbau dan sapi. Penggunaan pupuk organik sangat menguntungkan pendapatan petani, karena dapat menekan biaya produksi.

Disamping itu juga produksi dan produktivitas meningkat karena menyuburkan lahan pertanian. "Kami sejak dulu mengembangkan pertanian itu menggunakan pupuk organik tanpa pupuk kimia," katanya.

Asisten Daerah (Asda) III Pemkab Lebak Dedi Lukman mengatakan kegiatan Festival Seba Badui merupakan rangkaian Seba yang jatuh pada Sabtu (4/5).

Pada Festival Seba Badui menampilkan berbagai produk unggulan Kabupaten Lebak,termasuk di antaranya pepaya california. "Kami mengapresiasi semua gerai itu menampilkan produk lokal juga aneka kerajinan warga Badui, seperti kain tenun, selendang, batik dan tas koja," katanya.
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019