Komisi pemilihan Umum Kabupaten Serang hari ini mulai mendistribusikan logistik Pemilu ke berapa pulau, yakni di Kecamatan Pulau Ampel, Pulo Panjang, Kecamatan Tirtayasa, Pulo Tunda, dan Kecamatan Anyer, Pulau Sangiang.

"Hari ini kita mulai didistribusikan logistik Pemilu ke beberapa pulau, antara lain Pulau Panjang sebanyak sembilan TPS, Tepatnya di wilayah Pulau Ampel, kemudian Pulau Tunda yaitu di Kecamatan Tirtayasa sebanyak empat TPS, dan Pulau Sangiang di Kecamatan Anyer sebanyak satu TPS," kata Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar di Serang, Senin.

Abidin menjelaskan, pengiriman logistik tersebut diberangkatkan dari gudang KPU Grenyang pada pukul 08.00 dengan pengawal beberapa aparat kepolisian dan TNI.

"Kita berangkatkan di pagi hari karena untuk menuju ke pulau-pulau itu menggunakan perahu dan di perkirakan akan menempuh waktu kurang lebih dua jam perjalanan, dan untuk pengawalan selain beberapa anggota KPU kita juga dikawal oleh tiga personil dari kepolisian dan satu personil dari aparat TNI," kata Abidin.

Sementara Ketua Divisi Data dan Informasi Zaenal Mutiin mengatakan, pendistribusian logistik berjalan dengan lancar, dan disaksikan pula oleh pihak kecamatan dan Polsek serta Danramil setempat.

"Alhamdulillah pendistribusian berjalan sesuai dengan rencana hadir juga Kapolsek, ada Danramil, Camat Tirtayasa, PPK, dan Panwaslu," katanya.

Pengiriman logistik KPU Kabupaten Serang tersebut berupa surat suara untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kecamatan Tirtayasa yakni di Pulau Tunda sebanyak 1.095, Kecamatan Pulau Ampel di wilayah Pulau Panjang sebanyak 2.477 dan Pulau Sangiang sebanyak 143 surat suara.

Ia menjelaskan, KPU Kabupaten Serang beberapa waktu yang lalu KPU telah melakukan sosialisasi di Pulau Tunda, dimana dalam sosialisasi tersebut, selain melakukan tata cara pencoblosan, masyarakat juga dikenalkan surat suara calon Presiden-calon Wakil Presiden, calon Anggota DPD RI, Calon Anggota DPR RI, Calon anggota DPRD Provinsi, dan Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

"Di Pulau Tunda sudah kami sosialisasikan, ini penting kami lakukan agar masyarakat Pulau Tunda dapat berpartisipasi secara penuh dalam pemilu 2019 ini," katanya.

Menurutnya, sosialisasi dilakukan karena Pulau Tunda adalah wilayah terluar di Kabupaten Serang, maka KPU perlu melakukan sosialisasi secara khusus sehingga pemilih paham bagaimana memilih anggota legislatif yang berkualitas.

"Sosialisasi kami harapkan bisa memberikan kontribusi pada pemilu 17 April yang berkualitas," katanya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019