Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk telah menyiapkan jaringan yang memadai untuk mengantisipasi kenaikan lalu lintas pengguna menjelang berlangsungnya Pemilihan Umum pada 17 April 2019.

"Kami sudah melakukan langkah antisipatif dalam rangka Pilpres," kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Yessie mengatakan persiapan jaringan ini juga dilakukan dalam menghadapi kemungkinan peningkatan layanan pada Ramadhan dan Lebaran 2019.

"Karena ini berdekatan dengan bulan Ramadan lalu Lebaran, maka kami antisipasi ini sudah sekalian masuk dengan persiapan untuk jaringan Lebaran," ujarnya.

Ia memperkirakan lalu lintas pengguna data akan meningkat, terutama dari layanan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan pesan singkat instan seperti Whatapps, Telegram, LINE.

"Kami juga akan monitor terus kondisi jaringan di sejumlah titik penting di Jakarta, seperti kantor KPU, Media Center, serta area Ring 1," kata Yessie.

Ia memproyeksikan kenaikan trafik data dapat mencapai sekitar lima persen-sepuluh persen dengan kenaikan layanan suara dan SMS sebesar tiga persen.

Lokasi kenaikan trafik kemungkinan terjadi di kota-kota besar, terutama ibu kota Jakarta dan kota penyangga sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi serta ibukota-ibukota provinsi.

Meski demikian, kenaikan lalu lintas ini juga kemungkinan terjadi di kota-kota kecil di berbagai daerah seiring dengan tingginya antusiasme masyarakat atas berlangsungnya pesta demokrasi.

Saat ini, lalu lintas normal untuk layanan data XL Axiata di hari kerja biasa rata-rata sekitar 9.300 TB dengan layanan suara sekitar empat juta menit dan 71 juta untuk SMS.


 

Pewarta: Satyagraha

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019