Kampung Anggur di RW 03, Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang yang merupakan bagian dari program Kampung Tematik menjadi bukti partisipasi warga dalam penataan lingkungan

"Kami telah membuat program Kampung Kita yang isinya adalah mengajak peran warga untuk membuat lingkungan semakin lebih baik lagi. Kampung Anggur ini contohnya," kata Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dadi Budaeri.

Ia menjelaskan, penataan Kota berbasis kewilayahan memang sedang digencarkan saat ini untuk mengajak peran serta membangun lingkungannya.

"Setiap RW di Kota Tangerang Banten mulai menata lingkungannya menjadi kampung tematik sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Ada wilayah yang awalnya tidak terawat, kini sudah menjadi baik dengan penataan," katanya.

Ia mengungkapkan, banyak daerah yang kini mencontoh program di Kota Tangerang dalam membangun wilayah.

"Ini yang perlu dilakukan peningkatan dan merawat yang sudah ada. Jangan sampai, sebatas pada awal saja tetapi harus terus dikembangkan karena ini adalah tempat tinggal kita," paparnya.

Ketua DPD LPM Kota Tangerang H. Dirman menambahkan, pihaknya terus melakukan sosialisasi ke setiap wilayah dalam mengajak peran warga membuat kampung tematik.

Kampung tematik bukan hanya pada sekedar mengecat lingkungan dengan warna warni tetapi adanya perubahan sikap dari yang acuh menjadi peduli. Mulai dari kebersihan lingkungan dan juga budaya perilaku hidup bersih dan sehat.

Sudah puluhan wilayah yang telah disambangi dan memberikan pemahaman kepada warga jika membuat Kampung Tematik tidak sulit, jika dilakukan bersama warga dengan kesadaran yang penuh.

"LPM hadir untuk membantu dalam mensinergikan usulan warga dan Pemda dalam menjadikan lingkungan lebih rapih," paparnya.

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019