Pemerintah Kabupaten Serang menggelar peringatan Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-100, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-69, dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke 57 tingkat Kabupaten Serang. Perayaan tersebut ditandai dengan atraksi air pelangi yang disemburkan ke udara diiringi dengan suara sirine.

Kepala Badan Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nana Sukmana Kusuma di Serang, Senin, mengatakan, kesiapsiagaan dan kecepatan personel Damkar Kabupaten Serang dalam menangani musibah kebakaran, telah mendapat apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Nana menjelaskan, Damkar BPBD Kabupaten Serang menjadi pilot project dalam standar pelayanan masyarakat, dalam kategori respons time. “Kecepatan kami di Damkar Kabupaten Serang dalam menangani musibah kebakaran, sudah teruji dan mendapat apresiasi dari Kemendagri,” katanya. 

Saat ini kata dia, BPBD Kabupaten Serang memiliki 10 kendaraan pemadam kebakaran, dengan diantaranya 2 mobil water rescue. Untuk mendekatkan pelayanan, tahun 2018 telah dibangun Pos Damkar di Kecamatan Petir dan Kecamatan Anyer. “Tahun ini kita bangun Pos Damkar di Kecamatan Kragilan,” katanya. 

Nana mengatakan, Damkar BPBD Kabupaten Serang bahkan telah  menjadi pilot project dalam standar pelayanan masyarakat, dalam kategori respons time.                                 
“Kecepatan kami di Damkar Kabupaten Serang dalam menangani musibah kebakaran, sudah teruji dan mendapat apresiasi dari Kemendagri,” ujarnya. 
                                                                 
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah didampingi Wakil Bupati Pandji Tirtayasa menyatakan  mengucapkan terima atas pengabdian anggoat Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas.    

“Kami berharap, ke depan semakin profesional dan solid dalam mengemban tugas-tugas, terutama memberikan perlindungan dan ketertiban kepada masyarakat,” ujarnya.

Perayaan berlangsung sederhana, tetapi meriah. Kekaguman peserta yang hadir terlihat saat para personel Damkar melakukan atraksi. Terutama saat empat mobil Damkar melakukan antraksi air pelangi yang disemburkan ke udara. Suara sirine mobil damkar, menambah kemeriahan. 
 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019