Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menetapkan sembilan kecamatan di kawasan pesisir sebagai lumbung pangan dengan mempertahankan areal pertanian produktif menghasilkan 448.201 ton padi.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang, Aziz Gunawan di Tangerang, Senin mengatakan lumbung pangan itu terdapat di Kecamatan Sukadiri, Sukamulya, Kronjo, Pakuhaji, Mauk, Rajeg, Mekarbaru, Gunung Kaler dan Kemiri.

"Lahan persawahan produktif yang tersedia itu seluas 74.910 hektare untuk panen dua kali dalam setahun," katanya.

Aziz mengatakan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang pada tahun 2018 bahwa produktivitas padi sebesar 59,8 kwintal tiap hektare.

Pihaknya berupaya agar pemilik sawah tidak menjual kepada pengembang perumahan agar dapat mempertahankan lumbung pangan tersebut.

Upaya yang dilakukan dengan memperbaiki saluran irigasi, pemberian subsidi pupuk, permodalan, pemasaran serta menyiapkan peralatan traktor tangan.

Lumbung pangan itu tidak dapat dialihfungsikan dan dijadikan sebagai lahan abadi pertanian sehingga ketahanan pangan lokal dapat terjaga dengan baik.

Namun masalah pangan yang merupakan salah satu program strategis dan perlu dituntaskan selama tahun 2019.

Sesuai data bahwa konsumsi energi dan protein masyarakat di Indonesia setiap orang sebanyak 2.150 kalori dan konsumsi protein 57 gram per kapita/hari.

Sedangkan untuk di Kabupaten Tangerang konsumsi energi dan protein 2.197 kalori per orang dan protein 66,9 gram per kapita/hari.

Demikian pula Pemkab Tangerang telah membuat kawasan argolitan di Kecamatan Sepatan dan Sepatan Timur diperuntukan bagi tanaman holtikultura usia panen singkat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mengatakan ketersediaan pangan dan distribusi untuk dikonsumsi tidak boleh mengalami kendala.

Maesyal menambahkan untuk itu perlu meningkatkan sumber daya yang ada agar hasil yang diperoleh lebih maksimal dengan pemanfaatan lahan yang terbatas di perkotaan.

Sebelumnya, sesuai visi misi Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar warga harus sehat, cerdas, religius dan sejahtera, maka ketahanan pangan termasuk hal utama.

Pewarta: Adityawarman(TGR)

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019