Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mengajak para buruh sebagai agen terdepan dalam memberantas berita bohong atau hoaks terutama menjelang pemilu 2019.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar di Tangerang, Kamis, mengatakan saat ini marak hoaks terutama di media sosial dan sulit untuk dicegah.

"Tugas para buruh dapat meredam rekan mereka dan jangan menelan mentah-mentah berita yang tidak jelas narasumbernya," katanya.

Mantan anggota Komisi I DPR RI itu mengatakan hoaks sedang merajalela di facebook (FB), Instagram (IG) dan Twitter maka masyarakat perlu menyaring informasi dari tiga medsos itu.

Ahmed mengatakan di hadapan pekerja pada rangkaian acara peringatan Hari Buruh 2019 yang digelar di sebuah Balai Latihan Kerja (BLK) milik swasta di Kecamatan Tigaraksa.

Pada acara tersebut, juga dihadiri pejabat dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang dan diikuti puluhan serikat pekerja lainnya.

Imbauan itu terkait pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rudiantara yang mengaku telah mencatat terdapat 18 kali lipat peredaran hoaks sejak Agustus 2018.

Rudiantara mencatat, pada Agustus 2018 terdapat 25 berita hoaks, Desember 2018 (75), Januari 2019 (175 ), dan Februari 2019 (353).

Namun berita hoaks tu sebanyak 28 persen berkaitan erat dengan politik menjelang pilpres dan pileg 2019.

Ahmed menambahkan para buruh harus menelisik, memilih, memilah bila mendapatkan berita hoaks dan perlu klarifikasi kepada pihak yang berkepentingan.


 

Pewarta: Adityawarman(TGR)

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019