Nilai investasi IKEA Bandung yang peletakan batu pertamanya dilakukan pada Kamis, di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mencapai  Rp1,4 triliun.

"Investasinya sekitar 1 juta dolar AS (setara Rp1,4 triliun) dan IKEA Bandung ini dibangun di atas lahan 4,4 hekatre," kata Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk Patrik Lindvall.

Patrik mengatakan pembangunan IKEA di kawasan tersebut bukan hanya menghadirkan sebuah toko furnitur namun pihaknya ingin kehadiran IKEA Bandung ini bisa berdampak positif bagi warga sekitar.

"Jadi kami ingin bisnis berkelanjutan yang membawa manfaat buat Bandung dan masyarakat sekitar," jelas Patrik.

Dia mengatakan IKEA Bandung diproyeksikan mampu menyerap tenaga kerja di sekitar lokasi pembangunan sebanyak 400 orang pekerja.

"Untuk mendukung pembangunan IKEA Bandung ini kami akan ada peluang kerja sekitar 400 orang lowongan kerja. Ini bisa menampung tenaga kerja di Kabupaten Bandung Barat," kata dia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil yang hadir pada acara groundbreaking IKEA Bandung menambahkan alasan IKEA Bandung hadir di Kota Baru Parahyangan karena loaksi tersebut sangat strategis.

"Di sini itu lokasinya strategis, dekat pintu tol, jadi orang dari daerah lainnya di Jabar yang mau ke IKEA tinggal masuk tol lalu tinggal keluar Tol Padalarang saja," kata dia.

Hari ini, IKEA Indonesia, toko perlengkapan rumah tangga dari Swedia, mengadakan acara peresmian pembangunan toko IKEA Bandung, yang terletak di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, dan merupakan toko pertama IKEA di luar Jakarta.

Acara peresmian dibuka Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, pemilik waralaba IKEA di Indonesia Patrik Lindvall, dan dihadiri Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Kerajaan Swedia Yang Mulia Marina Berg, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil.

Patrik mengatakan Toko IKEA Bandung dibangun di atas lahan seluas 4,4 hektare dengan rencana bangunan seluas 35.000 meter persegi (atau hampir 3 kali luas Alun-Alun Bandung) dan menawarkan solusi perabot rumah tangga yang terjangkau bagi masyarakat Bandung.

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk Patrik Lindvall mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kedutaan Besar Kerajaan Swedia dan seluruh pihak yang terlibat serta khususnya masyarakat Bandung atas dukungan dan penerimaannya terkait pembangunan toko IKEA di Bandung, Jawa Barat.

 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019