Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, sudah menentukan sebanyak 10 lokasi kampanye terbuka pada pemilu 2019.

"Tidak boleh dilakukan diluar ketentuan tersebut karena telah disiapakan 10 lapangan," kata Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Muhammad Ali Zainal di Tangerang, Senin.

Zainal mengatakan lokasi tersebut seperti lapangan Pasir Nangka dan lapangan PWS, Kecamatan Tigaraksa, lapangan Kecamatan Kemiri, lapangan bola Kresek, lapangan Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, lapangan Teluknaga.

Namun lokasi lainnya adalah lapangan Puri Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, lapangan Suradita, Cisauk, lapangan Bola Ciapus, Kecamatan Panongan, lapangan Cordova Citra Raya.

Menurut dia, penentuan lokasi tersebut telah melakukan koordinasi dengan Pemkab Tangerang sebagai fasilitator agar pelaksanaan pimilu 2019 berjalan lancar.

Dia menambahkan peserta kampanye harus mentaati aturan yang berlaku maka dilarang mempersoalkan dasar negara, menyebar fitnah dan muatan ujaran kebencian.

"Bahkan tidak diperkenankan membagi-bagikan uang kepada pendukung saat kampanye karena dianggap melanggar peraturan," katanya.

Namun KPU setempat telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada rapat pleno maka terdapat sebanyak 2.119.467 pemilih dan 9.010 tempat pemungutan suara (TPS).

Meski begitu, jumlah TPS tersebut tersebar pada 246 desa dan 28 kelurahan dalam lingkup 29 kecamatan.

Dia menambahkan peserta harus memberitahukan terlebih dahulu kepada pihak kepolisian setempat sebelum mengelar kampanye dengan tembusan ke KPU setempat.

Padahal sebelumnya, aparat Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang, mengingatkan saat ini marak ujaran kebencian dan isu suku, agama ras dan antargolongan (sara).

Kepala Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Ahmad Hidayat mengatakan ini dapat memecah belah bangsa, diharapkan jangan begitu saja percaya dengan isu demikian.

Sedangkan persoalan yang muncul belakangan ini adalah bahaya disintegrasi disebabkan politik uang, berita hoax (palsu), selain isu sara dan ujaran kebencian. 



 

Pewarta: Adityawarman(TGR)

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019