Pemerintah Kota Serang  menggandeng Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dan Yayasan Baitul Mal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN) Banten mendirikan rumah singgah pasien (RSP).

Wali Kota Serang, Syafrudin  saat meresmikan RSP di Serang, Kamis, menyatakan  RSP yang dimaksudkan untuk  membantu masyarakat yang tidak mampu itu,  terletak di Jalan Trip Jamaksari, Gang Merpati No. 8, Kelurahan Sumur Pecung, Kota Serang. 

"Hari ini kita meresmikan rumah singgah pasien yang dilaksanakan atas dasar kerjas ama Pemkot Serang dengan YBM PLN Banten serta IZI. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan terutama oleh masyarakat Kota Serang yang tidak mampu," katanya.

Syafrudin mengatakan,  sangat mendukung kegiatan tersebut karena berada di wilayah Kota Serang, serta meminta kepada seluruh masyarakat agar bisa selalu menjaga lingkungan sekitar, demi terwujudnya Kota Serang yang Berdaya dan Berbudaya.

"Kami mengapresiasi sekali RSP tersebut, dan memberi contoh dukungannya itu seperti lingkungan yang bersih, karena ini kan untuk pasien jadinya harus bersih. Kemudian dari sisi keamanan  kita mengerahkan Satpol PP atau dinas instansi terkait seperti dari polsek maupun koramil untuk bisa bersama-sama menjaga tempat ini," katanya. 

Ia menjelaskan, untuk bantuan sendiri nantinya akan di program oleh Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kota Serang, karena kegiatan tersebut baru diluncurkan. Namun demikan diharapkan  agar masyarakat dapat memanfatkan rumah singgah dengan baik.

"Masalah bantuan nanti lebih lanjut akan kita koordinasikan dengan dinsos dan dinkes setempat. Ya kami berharap bisa bermanfaat dan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan," kata Syafrudin.

Direktur Pendayagunaan IZI Nana Sudiana mengatakan RSP bukan hanya layanan tempat singgah, akan tetapi menyediakan fasilitas-fasilitas untuk pasien seperti pelayanan sebuah kamar, makan, musholla, antar berobat menggunakan ambulan secara gratis.

"Sebelumnya RSP IZI bersama YBM PLN telah meresmikan lima RSP, seperti di Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Barat, Surabaya dan yang kelima ini di Serang. Di Kota Serang sendiri baru dua rumah sakit yang bekerjasama dengan kami, yakni RS Sari Asih dan Rumah Sakit Drajat Prawiranegara," kata Nana.



 

Pewarta: Nina Kurniati

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019