Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak meminta pengemudi kendaraan mewaspadai pohon tumbang sehubungan cuaca buruk yang ditandai hujan deras disertai angin kencang.

"Beruntung, tadi sore pohon besar yang melintasi jalan raya Cibadak roboh dan tidak menimbulkan korban jiwa," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, Sabtu (9/3).

Berdasarkan laporan BMKG Serang diprakirakan cuaca buruk selama tiga hari ke depan melanda sejumlah wilayah Kabupaten Lebak.

Peluang  hujan deras disertai angin kencang terjadi siang dan sore hari dengan waktu antara 1,5 sampai 2,0 jam. Bahkan, hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sore hari itu mengakibatkan sejumlah pohon di sekitar jalan raya roboh.

"Kami minta pengemudi kendaraan jika cuaca buruk sebaiknya beristirahat guna mengurangi risiko kebencanaan," ujarnya menjelaskan.

Menurut dia, bencana pohon tumbang juga terjadi pada pekan lalu hingga puluhan, namun tidak menimbulkan korban jiwa. Sebab, pengemudi kendaraan merasa ketakutan jika melakukan perjalanan karena banyak pohon di sekitar tepi jalan raya di Kabupaten Lebak. Apalagi, pohon tersebut di antaranya sudah usia tua dan rawan lapuk, seperti pohon beringin, mahoni dan trembesi.

"Kami berharap kewaspadaan itu dapat dipatuhi pengemudi kendaraan agar tidak menimbulkan korban jiwa," katanya menjelaskan.

Ia mengatakan, hujan deras disertai angin kencang juga menimpa dua rumah warga Ranca Gede RT 03/RW 02, Desa Bojongleles Kecamatan Cibadak.  Namun, kondisi rumah yang tertimpa pohon mengalami kerusakan ringan.

"Kami imbau warga jika rumah miliknya terdapat pohon besar maka dilakukan penebangan untuk mencegah bencana pohon tumbang akibat diterpa angin kencang," katanya.


 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019