Aplikasi siWarga yang dibuat Pemerintah Kota Tangerang bertujuan untuk mempercepat pelayanan administrasi kependudukan dengan berbasis teknologi informasi.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Sabtu (2/3), mengatakan, Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi kepada masyarakat dengan cara mengisi data secara mandiri yang kemudian dipergunakan untuk mengurus persyaratan kependudukan.

"Masyarakat bisa menggunakan Aplikasi SiWarga sebagai pilihan. Yang manual tetap dilayani tapi secara online ini jauh lebih mudah, cepat, dan transparan," ujar Wali Kota.

Aplikasi SiWarga, jelas Arief, mendorong masyarakat untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi yang sudah semakin berkembang.

"Jadi warga mantau langsung, kalau dia bikin Surat Pengantar atau Surat Keterangan misalnya, udah sampai mana nih prosesnya dan kapan selesainya ada notifikasinya, jadi gak usah nenteng-nenteng berkas ribet. Nanti akan ada sosialisasi perkecamatan terkait aplikasi ini," ujarnya.

Adapun total aplikasi yang dimiliki Pemkot Tangerang saat ini adalah sebanyak 174 aplikasi dengan rincian 111 aplikasi layanan publik dan 63 aplikasi manajemen pemerintahan. Seluruh aplikasi yang sudah dibuat, telah terintegrasi dalam satu basis data yang berada di Tangerang LIVE Room.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019