Pemerintah Kota Tangerang yakni Arief R Wismansyah memperkenalkan aplikasi baru yang telah dirancang oleh Pemkot Tangerang untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi kepada masyarakat.

"Namanya siWarga dan ini juga jadi kado HUT Kota Tangerang ke 26 tahun untuk masyarakat," kata Wali Kota Arief di hadapan para peserta sosialisasi di ruang Al Amanah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Melalui aplikasi siWarga, lanjut Arief, memungkinkan masyarakat untuk dapat mengisi data sosial masing - masing untuk kemudian dipergunakan untuk mengurus persyaratan kependudukan seperti misalnya surat pengantar.

"Mekanismenya tetap harus ke RT, RW, dan kelurahan namun dilakukan secara digital. Jadi gak bisa mempercepat proses pembuatannya, karena tanda tanganpun digital," imbuhnya.

Wali Kota menambahkan aplikasi siWarga ini akan diluncurkan dalam versi beta dan akan diuji coba selama 6 bulan untuk dapat dilakukan evaluasi dan ditingkatkan kualitasnya.

"Untuk cek keabsahan surat yang telah dikeluarkan oleh Lurah ataupun Camat, aplikasi ini dilengkapi dengan QR Code. Tinggal discan QR Codenya nanti akan keluar detailnya," pungkas Arief.
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019