Tangerang, (Antaranews Banten) - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyampaikan apresiasinya terkait berkembangkan program pembentukan Kampung Tematik di sejumlah wilayah.

Pembangunan Kampung Tematik tersebut telah merubah pandangan dari daerah kumuh menjadi kampung kebanggaan bahkan daya tarik wisata. Sebut saja seperti kampung Bekelir, Kampung Batik Kembang Mayang, Kampung Hidroponik, Kampung Grenpul, Kampung Tidar, Kampung Anak dan banyak lagi, kata Arief di Tangerang, Rabu (20/2).

Fungsi Pemerintah Daerah sebagai fasilitator dan regulator, lanjut Arief, hanya mampu memberikan dorongan kepada masyarakat untuk berkembang.

Maka itu, melalui gerakan Tangerang AYO, Pemkot Tangerang mengajak peran aktif masyarakat dalam pembangunan salah satunya penataan lingkungan.

Program pembentukan Kampung Tematik yang kini lebih dioptimalkan lagi melalui kegiatan Kampung KITA, diharapkan dapat membentuk lebih banyak lagi hingga ketingkat RT/RW yang jumlahnya mencapai 1.000.

Oleh karenanya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ikut digerakan dalam pembangunan tersebut agar bisa mendorong peran serta masyarakat dan mempercepat realisasinya.

"Peran aktif masyarakat untuk menata lingkungannya sendiri yang lebih kami dorong agar kota ini menjadi kota kebangaan bagi kita semua," paparnya.

Perlu diketahui, beberapa Kampung Tematik yang kini sedang dalam tahap proses pembentukan seperti Kampung Aman oleh Satpol PP, Kampung Budaya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kampung Samawa oleh DP3AP2KB, Kampung Sejahtera Mandiri oleh Dinas Sosial dan banyak lagi.

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019