Serang (AntaraNews Banten) - Wali Kota Serang, Syafrudin akan memberikan sanksi tegas dengan mencoret peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat kota Serang yang berasal dari luar wiayah Kota Serang atau biasa disebut peserta MTQ 'cabutan'.

"Kami akan menindak tegas apabila ada penemuan yang tidak jelas identitasnya. Sebab nanti yang juara akan diikutsertakan ke tingkat provinsi. Dan syarat jadi peserta MTQ tingkat provinsi harus memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Provinsi Banten" kata Syafrudin pada acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke IX se-Kota Serang dengan tema "Mencetak Generasi Beradab dan Berbudaya Berdasarkan Nilai-Nilai Qur'ani" di Serang, Senin.

Syafrudin menjelaskan, peserta yang ikut MTQ tersebut harus orang yang berasal dari enam kecamatan di seluruh Kota Serang, yaitu Kecamatan Serang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kecamatan Taktakan, Kecamatan Kasemen, Kecamatan Curug dan Kecamatan Walantaka. Oleh karena itu, ia meminta kepada para kafilah dari masing-masing kecamatan di Kota Serang agar bersikap jujur dan profesional dalam melaksanakan musabaqoh tersebut, dengan tidak mendatangkan atau mencabut peserta dari  luar Kota Serang dengan alasan ingin menjadi juara.

"Di tahun-tahun kemarin Kota Serang tertinggal jauh malah urutan ketujuh. Mudah-mudahan dengan persiapan kali ini kita menyusul ketinggalan-ketinggalan itu, baik dari sisi prestasi maupun yang lainnya," kata dia.

Ia juga berharap dari peradaban, masyarakat Kota Serang harus mempunyai karakter yang baik mengingat  orang luar menyebut di Kota Serang memiliki sejuta santri dan seribu kyai. Sehingga mellaui MTQ tersebut bisa diwujudkan sebutan Kota Serang sebagai daerah sejuta santri dan kyai, dengan harapan masyarakat Kota Serang memiliki ciri khas karakter masyarakatyang islami.

Kami berharap pelaksanaannya bisa "fear dan fight", demi memperoleh kualitas dan prestasi yang baik," kata Syafrudin.

Syafrudin berharap MTQ ini dapat menghasilkan qori dan qoriah yang berkualitasuntuk bersaing di tingkat Provinsi Banten. Ia juga meminta para dewan hakim bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan profesional. Sehingga pelaksanaan MTQ Kota Serang berhasil dengan kualitas hasil yang baik, jujur dan adil bagi seluruh peserta.

Pewarta: Nina Kurniati

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019