Lebak (AntaraNews Banten) - Kementerian Agama Kabupaten Lebak, Banten biaya haji 1440 Hijriah atau tahun 2019 Masehi tidak terjadi kenaikkan berdasarkan hasil penetapan Kementerian Agama dengan Komisi VIII DPR.

"Biaya haji tahun 2018 dengan tahun ini tetap sama sebesar Rp35.235.602," kata  Kepala Seksi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Lebak H Humaedi Hakim di Lebak, Rabu.

Kementerian Agama berkomitmen pelayanan haji tahun ini lebih baik, meski biaya haji tidak terjadi kenaikkan.

Mereka para calon jemaah haji akan mendapatkan fasilitas dan layanan lebih meningkat meliputi akomodasi, katering hingga sarana transportasi.

Bahkan, para jemaah nanti akan mendapatkan katering sesuai dengan selera makanan khas daerah.

Selain itu juga kendaraan bus yang dulu usianya lebih dari 10 tahun, namun sekarang usianya kurang dari 10 tahun.

"Kami sebagai penyelenggara ibadah haji tentu akan bekerja keras untuk memberikan fasilitas dan layanan yang lebih baik kepada calon jemaah haji baik di Tanah Air hingga ibadah haji di Mekkah," katanya menjelaskan.

Menurut dia, biaya penyelenggaraan ibadah haji itu setelah hasil keputusan Kementerian Agama dengan Komisi VIII DPR yang menetapkan sebesarr Rp35.235.602.

Kementerian Agama Kabupaten Lebak tahun 2019 akan memberangkatkan sebanyak 602 calon jemaah haji dan jumlah itu dipastikan bertambah dengan petugas pendamping.

Pihaknya juga menjalin kemitraan dengan KBIH dan satuan kerja (Satker) KUA menyelenggarakan bimbingan manasik haji.

Pelaksanaan bimbingan itu dilaksanakan sebanyak delapan kali pertemuan.

"Kami berharap semua calon jemaah haji agar mempersiapkan  bimbingan manasik haji, administrasi juga pelunasan BPIH hingga menjaga kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, sejumlah calon haji warga Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengaku bahwa mereka menyambut positif kebijakan pemerintah tidak menaikkan biaya haji, sehingga sangat membantu bagi para jemaah.

Meski biaya haji tidak terjadi kenaikkan, namun fasilitas dan layanan lebih meningkat dari akomodasi hingga katering.

"Kami mengapresiasi pemerintah tidak menaikkan biaya haji tahun 2019," kata Ahmad, seorang calon haji warga Rangkasbitung Kabupaten Lebak.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019