Serang (AntaraNews Banten) - Perayaan tahun baru imlek di sejumlah lokasi di wilayah Banten seperti di Vihara Metta dan Vihara Avalokitesvara di Kota Serang, berjalan aman dan kondusif, namun tetap waspada terhadap ancaman gangguan keamanan.

"Sejauh ini berjalan aman dan kondusif, tetapikita tetap waspada Mudah-mudahan kita berharap tidak ada apa-apa dan semua berjalan dengan baik," kata Kabid Humas Polda Banten AKBP Edy Sumardi di Serang, Selasa.

Ia mengatakan, dalam memeriahkan perayan tahun baru dan peribadatan Imlek, Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Banten berserta jajaran menerjukan personel untuk ditempatkan di beberapa titik di sejumlah Vihara di wilayah Hukum Polda Banten.

Upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi munculnya gangguan kamtibmas serta memberikan ketertiban dan kelancaran kegiatan masyarakat..

Edy Sumardi mengatakan, secara umum situas dan kondisi dalam perayaan tahun baru imlek sampai saat ini tetap waspada untuk meminimasilir kelompok tertentu yang ingin menganggu terhadap perayaan tahun baru imlek

"Dalam memberikan pelayanan serta perlindungan terhadap jemaat atau masyarakat yang akan memperingati perayaan tahun baru Imlek, kita telah mengantsipasi berbagai kerawanan yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan selama perayaan tersebut," kata AKBP Edy Sumardi.

Dijelaskan Edy pengamanan perayaan maupun kegiatan keagamaan warga keturunan Tionghoa dilaksanakan di beberapa lokasi Vihara. Diwilayah hukum Polres Serang Kota ada lima lokasi diantaranya di Vihara Metta dan Vihara Avalokitesvara, Polres Cilegon 3 lokasi, Polres Lebak dan Polres Pandeglang masing-masing 1 lokasi, dan Polresta Tangerang paling banyak dengan 17 lokasi perayaan imlek.

"Pola pengamanan serta penempatan personel sudah dipetakan sesuai dengan jumlah jemaat dan potensi gangguan keamanan yang dapat ditimbulkan. Di setiap wilayah yang terdapat Vihara, Subden Jibom Detasemen Gegana  diturunkan. Sterilisasi di setiap lokasi yang dijadikan tempat peribadatan bahkan sebelum kegiatan keagamaan dimulai." kayanya.

Edy mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah hukum Polda Banten untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat saat perayaan tahun baru Imlek. Untuk yang hendak melaksanakan liburan agar dapat mengutamakan keselamatan sebagai prioritas.

"Mari kita bersama-sama menjaga situasi yang aman serta nyaman. Junjung tinggi toleransi kepada masyarakat yang merayakan Imlek," kata Edy.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019