Tangerang (Antaranews Banten) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menyiapkan sarana maupun prasarana pendukung untuk membangun pusat informasi sahabat anak di Pusat Pemerintahan di Kecamatan Tigaraksa.

"Ini sangat berguna bagi mereka termasuk mengenai program beasiwa," kata Kepala Bidang Peningkatan Kwalitas Hidup Anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tangerang, Widariasih di Tangerang, Selasa.

Widariasih mengatakan telah melakukan pendataan anak di daerah ini yang tersebar pada 29 kecamatan, 246 desa serta 28 kelurahan.

Dia mengatakan ini sebagai sarana informasi bagi anak, termasuk mengenai admistrasi kependudukan anak dan dijadikan sebuah dokumen.

Pihaknya berencana untuk membangun pusat informasi sahabat anak (pisa) yang selama ini hanya melalui webside dan terkoneksi dengan media sosial.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya melakukan sosialisasi ke sekolah agar dapat dikunjungi, karena selama ini masih bergabung dengan kantor DP3A Kabupaten Tangerang di Tigaraksa.

Dia menambahkan, nantinya setelah pisa terwujud terdapat pojok khusus untuk anak yang ingin curhat karena ada psikolog yang menanggani.

Sesuai rencana pojok curhat itu juga terkoneksi melalui aplikasi ponsel berbasis adroid sehingga dengan mudah diakses anak atau orang tua.

"Anak-anak yang mempunyai masalah dapat menceritakan melalui pojok curhat karena ada pengasuh yang membimbing," katanya.

Semua informasi mengenai anak di wilayah ini akan terdata dan dapat diketahui, sehingga mereka dapat mengunjungi secara langsung atau mengunakan ponsel.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan aparat terkait lainnya, bila menyangkut ada informasi masalah hukum.

Sebelumnya, Kepala DP3A Kabupaten Tangerang, Deden Somantri mengatakan telah menerima sebanyak 101 pengaduan yang dilaporkan warga karena terjadi kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Laporan tersebut adalah sepanjang tahun 2018 yang dominan mengenai kekerasan terhadap anak dan bayi.


 

Pewarta: Adityawarman(TGR)

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019