Pandeglang, (Antaranews Banten) - Bupati Pandeglang Irna Narulita berupaya meningkatkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) menjadi lebih baik guna mendukung percepatan pembangunan di daerah itu.

"Kita tahun lalu hasil evaluasi nilai SAKIP mendapatkan predikat B dan diharapkan tahun 2019 menjadi lebih baik," kata Irna Narulita saat Rapat Koordinasi dan Konsultasi Pemerintah Daerah bersama Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Muhammad Yusuf Ateh dalam keteranganya di Jakarta, Kamis (17/1).

Bupati mengatakan, sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sangat penting dalam penyelenggaraan urusan kewenangan pemerintahan daerah. 

Sistem akuntabiltas kinerja merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Peningkatan penilaian SAKIP tentunya harus ditunjang dengan kinerja serta strategi untuk mewujudkan tujuan dan sasaran melalui program kegiatan.

Selain itu pihaknya juga telah menyusun definisi tujuan dan sasaran dari indikator kerja, membentuk tim fasilitasi SAKIP, melakukan pendampingan OPD dengan pihak Kemenpan RB.

"Kita harus mampu membangun sistem pemerintahan berbasis elektronik," katanya menjelaskan.

Ia juga menambahkan penilaian terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah diharapkan mampu mewujudkan "good governance" atau pemerintah bersih.

Pemerintahan yang bersih itu tentu adanya peningkatan kualitas pelayanan publik yang lebih baik dengan sejumlah perubahan.  Misalnya, perubahan transformasi birokrasi, peningkatan kinerja, transparan dan akuntabel,katanya.

Sementara itu, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB Muhammad Yusuf Ateh mengatakan penilaian SAKIP bukan tolak ukur, namun lebih utama yakni adanya perubahan dan perbaikan terhadap kinerja pemerintah daerah dalam pelayanan kepada masyarakat.

Penilaian SAKIP bisa dilihat dari kontribusi OPD dalam mewujudkan tujuan dan sasaran program kegiatan sesuai target visi dan misi serta RPJMD." katanya.***3***

 

Pewarta: Mansyur

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019