Serang (Antaranews Banten) - Gubernur Banten Wahidin Halim mengingatkan dan mengajak kepada seluruh masyarakat Banten termasuk pegawai Pemprov Banten untuk menjaga alam dan lingkungan disekitarnya agar terhindar dari bencana.
   
"Kalau kita memahami ayat – ayat kauniyah sudah diingatkan tentang tugas kita untuk menjaga, memelihara serta mengurus alam," kata Wahidin Halim saat memimpin apel gabungan ASN Banten awal bulan di lapangan Setda Pemprov Banten di Serang, Senin.
   
Menurut Wahidin, peristiwa tsunami di Selat Sunda kemarin merupakan peringatan dari tuhan agar manusia tidak serakah dan tidak merusak alam.
     
"Saya kira maknai sendiri serta baca ulang tentang ayat – ayat yang berkaitan dengan alam, gunung, langit, laut, air dan lain sebagainya yang menimpa masyarakat dan diri pribadi kita," kata Wahidin menegaskan.
  Wahidin Halim menjelaskan bahwa Rasulullah SAW mencontohkan bagaimana berakhlak, bekerja dengan baik, bagaimana disiplin dalam kehidupan sehari – hari.
     
"Tidak perlu ngambil di youtube atau baca media – media hoaks, cukup kita sadari sendiri saja dibarengi dengan muhasabah dan introspeksi diri ,“ kata Wahidin Halim atau yang akrab dipanggil WH.
   
Tidak hanya mengingatkan untuk enjaga alam, Gubernur Banten pun menyoroti tingkat kedisiplinan pegawai dilingkungan Pemprov Banten.
   
Menurutnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Banten masih ada yang tidak apel. Mereka merupakan contoh orang yang tidak bermuhasabah, tidak introspeksi diri serta tidak dapat mengontrol dirinya sendiri.
   
"Kalau saya pecat itu merupakan musibah buat mereka tetapi kalau buat saya bersama Wakil Gubernur itu merupakan suatu ketentuan dan perundang – undangan tentang ASN," kata WH.
 
Gubernur mengingatkan dan mengajak ASN Banten untuk mencoba mengingat siapa kita, interopeksi diri dan evaluasi diri tentang kehadiran kita di dunia ini. 
   
"Gunakanlah akal dan pikiran kita untuk menjadikan kita manusia yang lebih baik di mata Allah SWT," kata dia.
     
Terkait penanganan tsunami di Selat Sunda, Gubernur Banten menjelaskan bahwa semua berjalan dengan baik dan respon cepat dan itu mendapatkan apresiasi yang baik dari Presiden RI dan Kementerian.
   
Hadir dalam apel gabungan tersebut Wakil Gubernur Banten H. Andika Hazrumy, Pj. Sekretaris Daerah Banten Ino S. Rawita, para staf ahli gubernur serta asisten daerah, para kepala OPD di lingkungan Pemprov Banten serta ribuan ASN Banten.


 

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019