Pandeglang (Antaranews Banten) -  Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Pandeglang,  membuka enam posko bantuan korban tsunami Selat Sunda  yang tersebar di sejumlah titik lokasi di Pandeglang,  dengan tugas utama membantu evakuasi korban.
   
Ketua DPD PKS Pandeglang Tb Asep Rafiudin di Pandeglang, Kamis, mengatakan penyebaran posko tersebut bertujuan untuk memberikan bantuan evakuasi korban sehingga diharapkan evakuasi tersebut bisa berjalan secara merata.
   
"Kami  membuka posko di sejumlah titik, terutama daerah daerah yang  dianggap parah terkena dampak tsunami," katanya.
   
Asep menjelaskan, puluhan relawan PKS  ditugaskan khusus untuk membantu evakuasi korban bencana di beberapa posko yang sudah disiapkan, yakni di kawasan Pantai Carita  yang berlokasi di depan Hotel Lippo, Jalan Raya Anyer- Carita, posko Kecamatan Labuan di Jalan Makam Syekh Daud, Posko Kecamatan Panimbang di samping Kantor Balai Desa Neglasari dan beberapa posko lainya di Cigelis dan Kecamatan Sumur.
   
Sementara itu, Sekretasis DPD PKS Kabupaten Pandeglang, Hasan Afifi mengatakan, selain membuka posko disejumlah titik, relawan PKS juga memberikan bantuan berupa makanan, pakaian, obat-obatan, air mineral, selimut,  dan bantuan lainya.
   
"Alhamdulillah relawan kami bergerak cepat terutama saat evakuasi, baik korban yang luka maupun yang sudah meninggal.  Sedangkan untuk bantuan makanan dan yang lainya kami langsung salurkan kepada masyarakat yang terdampak di beberapa posko yang kami bangun," katanya.
   
Hasan menjelaskan, untuk penanganan korban yang luka-luka, baik  ringan maupun luka berat, tim relawan PKS juga turut membantu dengan menerjunkan dua orang dokter.
   
Hasan juga menjelaskan, para korban terdampak yang berada di posko pengungsian selain membutuhkan bantuan makanan dan obat obatan, mereka juga perlu untuk diberikan dorongan moril, sebab kondisi mereka sangat lemah secara mental.
   
" Ya mereka butuh adalah dorongan  moril terutama anak-anak, mental mereka harus dipulihkan, karena mereka sangat shok mengadapi musibah ini, ada yang orang tuanya meninggal, keluarganya hilang dan lain-lain, jadi dampak psikologis musibah ini terhadap mereka luar biasa, karena itu ada beberapa relawan kita yang diberikan tugas untuk masalah itu" kata Hasan.     


 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018