Serang, (Antaranews Banten) - Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Banten memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Serang yang telah berhasil dalam menjaga dan mempertahankan ketahanan pangan di wilayahnya.

Tim Pokja Ahli Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Banten Egi Januiswati mengatakan keberhasilan Pemkab Serang dalam mempertahankan ketahanan pangan yang baik patut di apresiasi sehingga bisa mewujudkan masyarakat yang berkualitas dan sejahtera.

"Kabupaten Serang masih memiliki beberapa indikator ketahanan pangan yang baik seperti peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM) yang mengalami kenaikan dengan pesat," Kata Egi Januiswati saat memberikan pemaparan dalam sidang pleno dewan ketahanan pangan Kabupaten Serang Tahun 2018, dengan tema Sinergitas Pembangunan Ketahanan Pangan Untuk Mewujudkan Masyarakat Yang Berkualitas Menuju Kabupaten Serang Yang Agamis, Adil Dan Sejahtera, di Serang Kamis (13/12.)

Egi Januiswati mengatakan keberhasilan Pemkab Serang dalam hal ini penguatan Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Serang dapat dilakukan melalui beberapa upaya antara lain menajamkan ukuran kinerja produktivitas, sinergitas, networking dan pengawasan, selain itu, meningkatkan koordinasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan monitoring dan evaluasi.

"Tentunya upaya-upaya tersebut harus didukung oleh level pimpinan (Leadership), dan dewan ketahanan pangan berperan sebagai motor penggerak," katanya.

Asisten Bidang Administrasi Pembangunan Pemkab Serang Ajat Gunawan mengatakan setiap dinas telah berbuat yang terbaik, namun semua program dan kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut hendaknya terdokumentasikan dengan baik dan disinkronisasi dengan instansi/OPD lain. 

"Saya berharap ada koordinasi yang tepat dan terarah agar semua instansi bisa bersinergi," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ajat Gunawan yang mewakili Bupati sebagai Ketua Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Serang menyampaikan Rumusan Nota Kesepakatan untuk kemudian ditandatangani oleh seluruh anggota Tim Pokja.

Sidang pleno dewan ketahanan pangan Kabupaten Serang Tahun 2018 merupakan pembahasan permasalahan ketahanan pangan dan rencana aksi dari 10 (sepuluh) Nota Kesepakatan Gubernur Banten dan Bupati/Wali kota se Provinsi Banten tentang Sinergitas Pembangunan Ketahanan Pangan Provinsi Dan Kabupaten/Kota pada November lalu.

Selain itu, sidang kali ini merupakan finalisasi dari rapat-rapat sebelumnya oleh Tim Pokja Dewan Ketahanan Pangan. 

 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018