Pandeglang (Antaranews Banten)  - Sebanyak  379 warga Desa Mekarsari, Kabupaten Pandeglang, Banten menerima sertifikat tanah gratis yang diperoleh melalui  program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).
   
Penyerahan sertifikat gratis itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Pandeglang, Irna Narulita di Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Minggu (25/11).
   
Saat penyerahan sertifikat, Irna Narulita meminta warga agar  menjaga sertifikat dengan baik yang merupakan bukti hukum atas kepemilikan tanah secara sah.
   
"Laminating sertifikat ini, terus di foto kopi, aslinya simpan dengan rapi khawatir terbakar ataupun terkena air." katanya.
   
Ia menyatakan,  sertifikat ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan modal usaha dari perbankan guna penunjang ekonomi keluarga.
   
"Ini bisa dijaminkan ke bank, namun saya harap dipertimbangkan dengan baik. Jangan sampai dijaminkan untuk beli mobil itu tidak boleh, kalau untuk modal usaha silahkan saja," katanya.
   
Kasubsi Pengadaan Tanah pada Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pandeglang, Kuswanto menyatakan  yang mendapatkan program PTSL untuk Kecamatan Panimbang hanya Desa Mekarsari. Dari 1.200 yang mendapatkan program PTSL yang sudah selesai baru 379 bidang.
   
"Sisanya akan kami selesaikan segera dan masih di tahun ini," katanya.
   
Kades Mekarsari, Sukarnajayya menyatakan terima kasih atas adanya program PTSP. Di wilayahnya masih banyak yang belum memiliki sertifikat atas kepemilikan lahannya.
  
"Masyarakat sangat antusias, dan kami sangat merasa terbantu," katanya.

Hadir pada acara itu, Asda Ekbang Indah Dinarsiani, Kepala BKD Ali Fahmi Sumanta, Kadis Pendidikan Olis Solihin, Camat Panimbang Suaedi Kurdiatna.
 

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018