Tangerang (Antaranews Banten) - Festival Budaya Nusantara II yang diselenggarakan Pemerintah Kota Tangerang selama lima hari,  11-15 November 2018 berlangsung semarak dan meriah. Tak hanya ribuan masyarakat yang antusias mengikuti setiap lomba dan kegiatan. Tetapi ada juga peserta dari luar dari di 20 Kabupaten/Kota yang ikut menyemarakan event tahunan tersebut.
   
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, masyarakat Kota Tangerang yang terdiri dari berbagai suku dan budaya tetapi tetap menjaga persatuan dan kesatuan adalah karunia besar yang harus dirawat.
   
Oleh karena itu, beragam budaya yang ikut memeriahkan Festival Budaya Nusantara II ini adalah bukti jika kota ini layak sebagai kota yang layak huni dan juga layak dikunjungi karena menyediakan hiburan pariwisata yang unik dan menyenangkan.
   
Lihat saja saat rangkaian kirab pembukaan Festival Budaya Nusantara II. Tercatat 2.100 peserta dengan 51 rangkaian kelompok kirab pawai budaya dari berbagai wilayah di Indonesia ikut memeriahkan pagelaran akbar tahun tersebut.
   
Peserta dari luar daerah seperti Cilegon Ethnic Carnaval, Sulawesi Selatan, Kediri, Serang dan masih banyak lagi komunitas-komunitas lainnya, menampilkan kebudayaan yang mempesona dan menghibur sekali.
 
"Kehadiran mereka menunjukkan keberagaman budaya di Kota Tangerang, mulai dari etnis Tionghoa, hingga berbagai komunitas budaya lokal. Ini menunjukkan bahwa walaupun beragam namun Tangerang tetap kondusif dan aman," kata Walikota Tangerang Arief R Wismansyah dalam pembukaan.
   
Selain itu, Walikota juga berharap agara kegiatan Festival Budaya Nusantara dapat mendorong peran serta kaum muda untuk terus melestarikan budaya lokal.
   
"Kita Tangerang, kita Indonesia dan kita bangga berbudaya Indonesia, kita harus kobarkan semangat untuk melestarikan budaya terlebih pada generasi millenial yang terkadang lebih menyukai budaya luar. Semoga Indonesia senantiasa disatukan dalam keindahan budaya demi keberlangsungan dan kemajuan Kota Tangerang," katanya.
   
Adapun sajian budaya yang ditampilkan dalam Festival Budaya Nusantara adalah Tari Kolosal, Wayang Golek, Gambang Kromong, Barongsai & Liong, Wayang Orang Brata Yudha, Lenong Betawi, Calung, Light Dance, dan masih banyak lagi.
   
Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin menambahkan, Festival Budaya adalah bentuk rasa cinta dan kepedulian masyarakat terhadap budaya bangsa. "Bangsa kita adalah bangsa yang kaya akan budaya sangat perlu dilestarikan. Oleh karenanya Festival Budaya Nusantara II ini adalah salah satu upaya kita bersama untuk melestarikan budaya bangsa kita," tambahnya.   
   
Sebagai informasi, selama lima hari pelaksanaan tercatat ada sekitar 15 ribu pengunjung yang meramaikan Festival Budaya ke-2, kegiatan ini juga melibatkan 200 Photographer dan 50 Blogger yang mempublikasikan kegiatan tahunan tersebut.
Kegiatan Festival Budaya Di Kota Tangerang

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018