Serang (Antaranews Banten) - Ajang pemilihan 'kang-nong' Banten Tahun 2018, yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Banten, akan memilih putra-putri terbaik Banten untuk menjadi duta wisata, pajak dan juga duta lingkungan hidup.
     
"Pemilihan kang-nong tahun ini, tidak saja memilih putra-putri terbaik Banten sebagai duta wisata, tetapi juga diminta oleh OPD lain diantaranya untuk menjadi duta pajak dan lingkungan hidup," kata Kepala Dinas Pariwisata Banten, Eneng Nurcahyati didampingi Kabid Pengembangan SDM Parekraf, Linda Rohyati Fatimah di Serang, Senin.
   
Sebanyak 24 pasangan atau 48 peserta dari delapan kabupaten/kota bersaing dalam pemilihan Kang Nong Banten 2018. Puncak acara rencananya diselenggarakan pada Jumat, 16 November mendatang di Mall Bale Kota Tangerang.
   
Eneng Nurcahyati mengatakan, prosesi pemilihan Kang Nong Banten 2018, sudah mulai dilaksanakan, terhitung dari 12 sampai 16 November. Kegiatan diawali dengan malambakat atau unjuk kebolehan Kang-Nong Bantenyang diselenggarakan di Museum Multatuli Rangkasbitung, Lebak.
   
"Untuk rangkaian acara pemilihan duta pajak dan duta lingkungan dilakukan di Pandeglang dan Lebak," kata Eneng.
   
Menurut Eneng, selain pemilihan juara untuk Kang Nong Banten 2018 sebagai duta wisata Banten. Ada juga kegiatan pemilihan Duta Pajak serta Duta Linkungan dan Hutan Lestari.
   
"Nanti yang melakukan penilaian untuk duta pajak dan dutalingkungan hidup serta duta hutan lestari adalah OPD yang bersangkutan di lingkungan Pemprov Banten.
     
Kabid Pengembangan SDM dan Parekraf Linda Rohyati Fatimah mengatakan, permohonan Kang Nong Banten menjadi duta pajak dan duta lingkungan hidup tersebut berdasarkan permintaan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yakni Badan Pendaatan Daerah dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Banten.
     
Setelah ada penetapan duta tersebut, kata Linda, mereka yang terpilih selama satu tahun akan diberikan tugas untuk mempromosikan terkait dengan upaya meningkatkan dan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak sertaa untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan.
   
"Selama satu tahun Kang Nong yang menjadi duta ini akan melakukan pengabdian dan nanti dievaluasi apa saja yang sudah dilakukan dalam menjalankan tugas sebagai duta pajak dan lingkungan," katanya.
   
Ia berharap dengan adanya kegiatan Kang Nong tersebut tidak hanya sekedar seremonial dalam pemilihan anak-anak yang memiliki kemampuan SDM dan penampilan yang menarik, juga harus memberikan kontribusi bagi kemajuan Provinsi Banten.
   
"Bisa saja satu peserta ini menjadi dua duta karena memiliki kemampuan dan penguasaan terkait pajak dan lingkungan," katanya.
     
Ia juga berharap melalui pemilihan kang nong Banten tersebut akan mempu mempromosikan pariwisata Banten ke masyarakat luas serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banten.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018