Tangerang (Antara) - Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar terbebas dari penyakit dan juga menekan angka pengeluaran BPJS Kesehatan yang semakin besar.
   
Presiden Joko Widodo di Tangerang, Minggu, menjelaskan berdasarkan laporan yang diterimanya, ada empat jenis penyakit yang menyedot pengeluaran anggaran BPJS kesehatan sangat besar.
   
Jenis penyakit tersebut diantaranya adalah Jantung dengan biaya pengeluaran Rp9,5 triliun, kanker sebesar Rp3 triliun, penyakit ginjal Rp2,2 triliun dan penyakit katarak mencapai Rp2,6 triliun.
 
Oleh karena itu, dirinya menyambut baik pertemuan Health Cities Summit 2018 yang melibatkan seluruh kota dan kabupaten di Indonesia.
   
Harapannya adalah agar ada solusi dalam menciptakan Kota/Kabupaten yang sehat sehingga pengeluaran oleh BPJS Kesehatan dapat ditekan. 
   
"Dana yang dikeluarkan untuk membiayai penyakit tersebut sangat besar. Dengan program PHBS ini maka bisa menciptakan masyarakat yang sehat dan juga menekan pengeluaran BPJS kesehatan," ujarnya.
   
Untuk merealisasikan program PHBS ini, maka dirinya mengajak semua pihak untuk melakukan pembangunan yang dimulai dari infrastruktur sehat, sanitasi yang rapih dan sehat sehingga tak muncul penyakit.
   
Lalu industri yang masih membuang limbah ke selokan, maka harus mulai bisa ditata agar tak lagi secara sembarangan sehingga bisa lebih rapih lagi.
   
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan, konsep kegiatan HKN 2018 terdiri dari beberapa kegiatan yaitu, Senam Bersama, Cek Kesehatan Gratis, Pekan Olahraga Sehat, dan juga Pameran Kuliner Sehat.
   
"Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita" adalah tema yang diusung pada HKN tahun 2018. Ini merupakan ajakan kuat untuk menjadikan budaya hidup sehat sebagai bagian dari keseharian bangsa Indonesia yang tersurat dalam tema tersebut.
   
Dengan terselenggaranya HKN di Kota Tangerang Arief berharap agar warga Tangerang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih dan bergaya hidup sehat untuk kehidupan yang lebih baik lagi.
   
"Lingkungan yang bersih dan gaya hidup sehat adalah kunci dari kualitas hidup yang baik. Kalau kualitas hidupnya baik, kualitas sumber daya nya juga sudah pasti baik, akan lahir generasi penerus bangsa yang baik pula nantinya," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018