Serang (Antaranews Banten) - Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengajak elemen masyarakat Banten yang tergabung Persatuan Pendekar Persilatan Seni dan Budaya Banten Indonesia (P3SBBI) untuk membangun sinergi bersama ulama dan umaro untuk kemajuan pembangunan Banten.
     
''Kehadiran ulama, umaro dan pendekar menjadi salah satu elemen penting dan vital bagi kesukseskan pembangunan yang ada di Provinsi Banten," kata Andika Hazrumy saat menghadiri Kongres Persatuan Pendekar Persilatan Seni dan Budaya Banten Indonesia (P3SBBI) dengan tema ‘Menggelontorkan Kembali Semangat Cita-cita Para Pendiri’, di Serang, Jumat.
     
Menurutnya, kesuksesan pembangunan di Provinsi Banten mengadopsi dari semboyan P3SBBI yaitu, Bela Diri, Bela Bangsa Dan Bela Negara. Dari tiga elemen sosial ini, kata dia, harus disatu padukan dan dikuatkan serta digelorakan kembali agar dapat bersama-sama mengaplikasikan dan mewujudkan cita-cita para pendiri Banten.
    
''Tujuan tersebut dapat diraih apabila semua elemen masyarakat di Banten ini bersinergi," katanya.
    
Andika, mengatakan kongres P3SBBI ini diselenggarakan dalam rangka memilih Ketua Umum baru untuk menjalakan roda organisasi agar berjalan sesuai harapan dan cita-cita luhur para pengurus, khususnya Almarhum Tubagus Khasan Shohib selaku pendiri.
     
Ia berharap, Kongres P3SBBI dapat menghasilkan program-program organisasi yang memiliki potensi yang positif untuk pengembangan diri, negara dan bangsa terutama untuk pembangunan di Provinsi Banten.
     
Wagub Banten mengajak seluruh pengurus dan anggota untuk bersama-sama kembali menyatukan tekad, keinginan dan visi agar kembali membesarkan P3SBBI. Selain itu, Andika juga berharap para pengurus dan anggota untuk dapat memberikan kontribusi nyata dan positif bagi pembangunan daerah. Karena untuk mencapai pembangunan daerah yang sukses, kata Andika, didalamnya memiliki elemen dukungan seluruh masyarakat, para pendekar, para ulama dan umaro yang ada di Provinsi Banten.
     
Sementara itu, Plt Ketua Umum P3SBBI, Tb Khaerul Jaman mengatakan, anggota P3SBBI harus dapat meningkatkan ketaqwaan kepada ALLAH SWT, meningkatkan integritas serta menjaga tetap terjamin dan terpeliharanya keutuhan, kesatuan dan persatuan bangsa dalam rangka perwujudan dan pelaksanaan wawasan kebangsaan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.
     
Selain itu, kata dia, P3SBBI juga harus dapat memelihara, membina dan mengembangkan kebudayaan nasional dan memelihara seni budaya tradisional dalam rangka memperkaya khasanah Kebudayaan Nasional.  Kemudian, P3SBBI dapat membina usaha kesejahteraan pendekar dan masyarakat, baik secara moril maupun materil dengan cara membantu secara aktif upaya pemerintah untuk menghidupkan perkoperasian dan UMKM.
       
''Selain itu harus dapat turut serta aktif melaksanakan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam menunjang ketahanan nasional. P3SBBI harus mampu maju, harus mampu didepan dan harus bisa megaplikasikan motonya yaitu Bela Diri, Bela Bangsa dan Bela Negara," kata mantan Walikota Serang tersebut.


 

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018