Serang, (Antaranews Banten) - Ikatan Wartawan Online (IWO) Banten mengajak kalangan anak muda terutama mahasiswa dan pelajar untuk bijak menggunakan Internet agar terhindar dari fenomena berita bohong alias hoax.

Upaya untuk mengantisipasi hoax tersebut bagi masyarakat, dilakukan IWO Banten dengan menggelar talkshow  'Berinternet Bijak' di salah satu hotel di Kota Serang, Senin (29/10).

Talkshow tersebut menghadirkan pembicara Ketua Umum IWO Pusat Joddhy Yudono, akademisi UI dan pengamat media sosial Adwin Wibisono, dan Kasubid Penmas Humas Polda Banten Kompol Jajang Mulyana.

Acara ini dihadiri ratusan peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, perwakilan organisasi masyarakat, pendidik, dan juga kalangan jurnalis.

Ketua Pelaksana Talkshow IWO Banten, Wahyu Aria mengatakan, kegiatan tersebut dilatarbelakangi dari keprihatinan para jurnalis yang tergabung dalam IWO Banten atas fenomena hoax yang kini bertebaran di tengah masyarakat. 

"Hoax begitu cepat menyebar di media sosial dan group-group whatsApp. Kabar bohong ini bertentangan dengan semangat kami dari kalangan jurnalis yang berangkat dari fakta dalam menyampaikan berita," kata Wahyu.
 
Menurut dia, begitu banyak gelombang informasi membuat masyarakat terkadang tidak lagi memilih dan memilah informasi. Ia berharap kegiatan tersebut memberikan dampak positif, dan bagian dari pendidikan terutama bagi generasi milenials dalam berinternet. 

"Kita berharap masyarakat berinternet secara bijak. Penyebaran berita bohong sangat merugikan banyak pihak," katanya.
 
Akademisi UI Adwin Wibisono mengatakan, kalangan mahasiswa atau pemuda saat ini yang lahir sekitar Tahun 1990 disebut dengan generasi Z, yakni generasi yang paling dekat dengan perkembangan internet dan teknologi informasi. Untuk itu, harus bisa berpikir bijak dalam menggunakan Internet agar terhindar dari berita-berita bohong atau Hoax yang bisa merugikan masyarakat.

"Harus berpikir bagaimana dampaknya terhadap masyarakat. Biasanya sumber hoax itu dari teman terdekat atau grup-grup media sosial. Oleh karena itu, kita harus bisa bijak dalam menggunakan Internet. Artinya menggunakan akal sehat dalam menggunakan internet," kata Adwin. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018