Tangerang (Antaranews Banten) - Wakil Wali Kota Tangerang, H Sachrudin menjelaskan, pembinaan kepada setiap SDM merupakan hal terpenting dalam menghadapi perubahan iklim di daerah perkotaan.
   
"ntuk mewujudkan semua program pembangunan tidak bisa sendirian, harus ada kebersamaan dan kerjasama dari SKPD terkait dan ditambah dengan kesadaraan masyarakat serta stakeholders agar hasilnya bisa langsung dirasakan bersama," katanya di Tangerang, Jumat.
   
Ia menyatakan, Pemkot Tangerang sudah melakukan pembinaan, pendampingan dan pelatihan untuk menghadapi perubahan iklim di daerah perkotaan khususnya Tangerang.
   
"Kita lakukan pembinaan, pelatihan, serta pendampingan baik internal maupun eksternal, sehingga bentuk program seperti Kampung Iklim ini betul-betul terasa hasilnya. Ini sudah menjadi tugas pokok pemerintah," kata Wakil Wali Kota Sachrudin saat menjadi narasumber terkait Perubahan Iklim di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Jakarta.
   
Sachrudin menambahkan budaya bangsa seperti gotong royong dan kerja bakti yang hampir punah di masyarakat terutama daerah perkotaan, harus ditumbuhkan kembali.  
   
"Memang yang dibutuhkan masyarakat sekarang bentuk kerja bakti atau gotong royongnya itu adalah bagaimana cara mereka berinteraksi, komunikasi, dan membahas persoalan di wilayah tempat tinggal mereka bagaimana bisa diselesaikan bersama," jelasnya.
 
Sachrudin menegaskan, para pimpinan daerah harus turun kebawah, bekerjasama dengan semua pihak dan merangkul seluruh elemen masyarakat guna keberhasilan dan kemajuan sebuah kota.
   
"Ada tiga hal yang harus kita ingat. Mendukung program pemerintah, menyambutnya dengan baik, dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya hasil dari apa yang sudah kita kerjakan. Memang yang paling penting itu adalah Sumber Daya Manusia. Jadi SDM dari suatu kota itulah yang dapat merubah wajah kota tersebut. Oleh karenanya, pembinaan ditingkat bawah seperti RT dan RW sangat di perlukan," ujarnya.
  
Sebelumnya, Kota Tangerang berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait komitmennya dalam pengendalian perubahan iklim.
   
Penghargaan tersebut adalah Pembina Program Kampung Iklim dan Program Kampung Iklim Tingkat Utama yang diraih oleh Benua Hijau RW 07 Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Kecamatan Karawaci.
   
Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar dan diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin dalam acara Hari Aksi Pengendalian Perubahan Iklim 2018 yang bertempat di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (24/10).

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018