Lebak (Antaranews Banten) - Universitas Nahdlatul Ulama perlu dibuka di Provinsi Banten untuk mempersiapkan sumber daya manusia sehubungan pesatnya perkembangan pembangunan di daerah ini, sehingga masyarakat tidak menjadi penonton.

"Kita sudah mengusulkan ke PBNU Pusat agar direalisasikan Universitas Nahdlatul Ulama di Banten," kata anggota Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Lebak, Roji Santani di Lebak, Rabu.

Provinsi Banten harus memiliki Universitas Nahdlatul Ulama untuk mempersiapkan SDM yang mumpuni.

Sebab, Provinsi Lampung dan Jawa Timur sudah dibuka Universitas Nahdlatul Ulama.

Apalagi, pembangunan Banten begitu dahsyat untuk pengembangan wilayah DKI Jakarta.

Pembangunan infrastuktur jalan tol, kawasan industri, pusat perdagangan, pusat transportasi udara, laut hingga pariwisata.

Selain itu juga pembangunan kawasan permukiman untuk menampung jutaan warga DKI Jakarta.

Karena itu, masyarakat Banten perlu dipersiapkan SDM melalui Universitas Nagdlatul Ulama.

"Kita tertinggal jauh jika tidak terdapat  perguruan tinggi,bahkan warga Banten menjadi penonton atas pesatnya pembangunan itu," katanya.

Menurut dia, Universitas Nahdlatul Ulama dengan membuka aneka jurusan mulai Pertanian, Teknik, Hukum, Perikanan, Kedokteran, Psiokologi, Pendidikan dan Ekonomi.

Pihaknya optimistis Universitas Nahdlatul Ulama bisa didirikan di Banten karena warga NU yang juga putra Banten banyak yang lulusan S-3 hingga profesor.

Selain itu juga anak-anak NU pendidikannya lebih maju dibandingkan 10 tahun lalu.

Bahkan, di pelosok-pelosok desa dan kelurahan di Banten mereka warga Nahdiyin melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.

Dengan demikian, kata dia, adanya Universitas Nahdlatul Ulama di Banten tentu anak-anak NU lebih memilih di daerahnya sendiri dibandingkan kuliah ke DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

"Kami berharap Universitas NU itu harus direalisasikan untuk mempersiapkan generasi unggul yang memiliki SDM guna mendukung percepatan pembangunan," katanya.

 

Pewarta: Mansyur

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018