Tangerang (Antaranews Banten) - Pemerintah Kota Tangerang kembali membangun pasar jajan konsep Betawi yang berlokasi di bantaran Sungai Cisadane yang diberi nama Pasar Jajan Teras Cisadane.

Direktur PD Pasar, Tietin Mulyati di Tangerang, Senin, mengatakan Pemkot Tangerang sebelumnya telah membuat pasar jajan di Taman Potret dan Taman Gajah dengan konsep modern dan milenial.

Kehadiran Pasar Jajan di taman tematik dimaksudkan agar pedagang yang berjualan di taman tematik lebih teratur.

Sebab, Pemkot Tangerang mengutamakan kebersihan di taman tematik yang kini menjadi tempat wisata di dalam kota. Pasar Jajan Teras Cisadane terdiri dari 20 stall atau tempat berjualan dengan ukuran masing-masing 175 x 115 centimeter.

Berbeda dari dua pasar jajan yang telah dibuat, Pasar Jajan Teras Cisadane mengusung tema Betawi dengan menghadirkan ondel-ondel sebagai "land mark". "Ada ondel - ondel, karena konsepnya betawi," katanya.

Tietin menambahkan, pedagang yang berjualan adalah UMKM Kota Tangerang dan merupakan bagian dari program pengembangan. "Harapannya, kehadiran Pasar Jajan Teras Cisadane dapat meningkatkan ekonomi warga sekitar," ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Rina Hernaningsih menambahkan, dengan adanya stall Pasar Jajan Teras Cisadane maka akan memberikan dampak pada peningkatan wisatawan.

Pasalnya, di kawasan tersebut sudah sangat lebih rapih seperti Jembatan Berendeng, bantaran cisadane yang menjadi tempat olahraga maupun rekreasi keluarga. "Ini akan memberikan fasilitas yang mendukung bagi wisata di bantaran sungai cisadane," paparnya.

Rendi Geovani, Suheri Ahmad dan Faisal sebagai konseptor pembuatan Pasar Jajan Teras Cisadane menambahkan, karena lokasinya berada di bantaran maka ditambahkan fasilitas bermain bagi anak.

Sehingga setiap keluarga yang datang bersama anaknya untuk menikmati kuliner, tak khawatir sebab ada fasilitas. Selain itu, disiapkan juga bangku payung sebanyak delapan unit serta tempat khusus untuk
swafoto. Sehingga menikmati kuliner sekaligus wisata akan lebih lengkap.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah berharap dengan adanya Pasar Jajan Teras Cisadane ini bisa menambah daftar pilihan masyarakat untuk rekreasi.

Pasalnya, Pasar Jajan Teras Cisadane memiliki keunggulan diantaranya berada di dekat Sungai Cisadane dan Jembatan Berendeng yang menjadi Landkmark Kota Tangerang saat ini.

Sehingga warga bisa menyantap kuliner sambil menikmati keindahan Sungai Cisadane terutama di saat sore dan malam hari yang terang benderang.

"Pokoknya tempatnya sangat enak dan cocok untuk keluarga maupun kaula muda. Karena memang sudah dikonsep yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018