Lebak (Antaranews Banten) - Sebanyak 14 jamaah haji asal Provinsi Banten dilaporkan meninggal dunia di tanah suci Mekkah Arab Saudi.
     
"Sebagian besar jamaah haji yang meninggal dunia itu akibat sakit," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, H.A Bazari Syam saat dihubungi di Lebak, Minggu.
     
Para jamaah haji asal Provinsi Banten secara umum melaksanakan rukun Islam kelima di tanah suci Mekkah Arab Saudi berjalan lancar.
     
Pihaknya berharap mereka para jamaah haji itu menjadi haji mabrur.
     
Selama ini, jamaah haji asal Provinsi Banten yang sudah kembali ke Tanah Air sampai dengan hari ini hingga Kloter 44 sebanyak 7.055 orang.
     
Sedangkan, jumlah Kloter Provinsi Banten yang sudah tiba di Indonesia sebanyak 17 Kloter.
     
"Kami mengapresiasi kualitas pelayanan ibadah haji tahun 2018 semakin baik dan mereka kembali ke tanah air dengan selamat," ujarnya menjelaskan.
     
Menurut Bazari, jumlah jamaah haji asal Provinsi Banten tercatat 9.620 orang dari delapan kota dan kabupaten.
     
Dari 9.620 orang tersebut dilaporkan sebanyak14 orang meninggal dunia di tanah suci,Mekkah Arab Saudi saat melaksanakan ibadah haji.
     
Pelaksanaan ibadah haji menguras tenaga banyak, sehingga jamaah yang mengalami sakit juga usia sudah udzur cukup beresiko.
     
Apalagi, kata dia, cuaca di Mekkah dengan suhu udara antara 42 sampai 45 derajat Celcius.
     
Meski demikian, pihaknya bekerja keras untuk mengoptimalkan pelayanan kepada jamaah haji  baik di tanah air maupun pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi.
     
Bahkan, pemondokan jamaah haji Banten lokasinya tidak begitu jauh dengan Masjid Haram.
     
"Kami menilai pelayanan haji tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya," kata alumni STAI Wasilatul Fallah Rangkasbitung.
     
Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah pada Kantor Kemenag Kabupaten Lebak H Edi Purhedi mengatakan jamaah haji asal Lebak yang meninggal dunia atas nama Iroh (72) Binti Odi Dulgani akibat sakit.
     
Ia tergabung dalam rombongan Kloter 61 dan dimakamkan di Mekkah, Arab Saudi.
     
"Kami berharap  keluarga yang ditinggal bersabar dan semoga almarhum diterima disisi Allah Swt," katanya.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018