Serang (Antaranews Banten) - Sebanyak 40 peserta kontingen Palang Merah Indonesia (PMI) Banten hari ini resmi dilepas untuk mengikuti Temu Karya Relawan Nasional ke 6 di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada tanggal 17 hingga 22 September mendatang.
     
Pelepasan dilakukan secara simbolis oleh Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra (Asda I) Pemprov Banten Anwar Mas’ud yang mewakili gubernur, didampingi Ketua PMI Banten Ratu Tatu Chasanah di Pendopo Gubernur, di Pendopo Gubernur Banten, di Serang, Rabu.
   
Anwar Mas'ud yang mewakili Pemerintah provinsi Banten dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas pengabdian PMI dan relawan di dalamnya dalam menjalankan misi kemanusiaan khususnya saat terjadi bencana.
   
"Pemerintah Provinsi Banten mengapresiasi kepada PMI atas segala pengabdiannya untuk pemerintah daerah. Bagaimana tidak, darah setetes itu bisa menyambung nyawa," kata Anwar.
     
Anwar meminta kepada peserta kontingen untuk memanfaatkan acara tingkat nasional ini sebagai ajang 'sharing' dan tukar pikiran, untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam menanggulangi bencana.
     
"Pesan pak gubernur, ajang ini bisa dijadikan momentum untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam menanggulangi bencana," kata Anwar.
   
Sementara Ketua PMI Banten Ratu Tatu Chasanah mengatakan, ajang Temu Karya Relawan Nasional harus bisa dimanfaatkan untuk menggali ilmu dari kontingen daerah lain sehingga bisa menjadi masukan untuk pemerintah daerah.
     
"Semua kemampuan, semua pengalaman disana untuk menangani bencana bawa kesini, untuk menjadi masukan kita," kata Tatu.
     
Ketua PMI Banten yang juga Bupati Serang ini menghimbau kepada relawan yang akan berangkat untuk bisa mempromosikan Provinsi Banten, khususnya destinasi wisata yang ada di Banten.
     
"Ini juga ajang promosi untuk Provinsi Banten. Sampaikan juga kepada mereka destinasi yang ada di Provinsi Banten," kata Tatu. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018