Tangerang (Antaranews Banten) - Dinas Kesehatan terus mengoptimalkan pelayanan kesehatan dengan akan menambah jumlah unit mobil ambulance smart 119 yang dikhususkan untuk penanganan pasien kegawat daruratan
   
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi di Tangerang Sabtu mengatakan, saat ini jumlah unit ambulance Smart 119 yang tersedia ada tiga unit. Dalam waktu dekat akan ditambah satu unit.
   
Nantinya pembagian unit ambulance tersebut dibagi dalam empat wilayah yakni Barat, Tengah, Timur dan Pusat. "Diharapkan ini bisa membantu masyarakat dalam penanganan gawat darurat," ujarnya.
   
Selain itu, mobil ambulance Smart 119 adalah bagian dari pelengkap untuk mobil ambulance yang telah disiapkan di 13 kecamatan.
   
Lebih jauh dr Liza menambahkan, mobil ambulance Smart 119 dikhususkan untuk penanganan pasien dengan kondisi gawat darurat. Maka itu, mobil ini dilengkapi dengan sejumlah peralatan medis seperti alat bantu nafas, ICU dan detak jantung.
   
Liza juga menambahkan, karena khususnya Mobil Ambulance 119 maka tenaga medis yang mendapatkan tugas pun memiliki sertifikat seperti perawat dan driver. 
   
Mengingat begitu pentingnya kendaraan pelayanan ini maka Dinas Kesehatan menargetkan untuk menyiapkan di setiap kecamatan.
   
Sejak diluncurkan setahun lalu, mobil ambulance Smart 119 telah banyak dimanfaatkan warga dalam penanganan gawat darurat. "Masyarakat bisa menghubungi layanan ini dengan menghubungi call center 119," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018