Cilegon (Antaranews) - PT Krakatau Steel Tbk telah memberangkatkan bantuan berikut Tim Peduli Bencana Krakatau Steel Group dalam rangka misi kemanusiaan menolong korban bencana gempa bumi di Lombok Nusa Tenggara Barat.
   
"Kami berangkatkan sejak hari Jumat (10/8) terdiri dari 5 orang dan 4 orang tenaga medis, 2 unit mobil Rumah Sakit Krakatau Medika, 2 unit truk yang di dalamnya terdapat tenda, obat-obatan, kebutuhan bayi, makanan, dan minuman," kata Direktur Sumber Daya Manusia PT Krakatau Steel Tbk, Rahmad Hidayat di Cilegon, Banten, Selasa.
   
Bantuan ini, jelas Rahmad akan diserahterimakan pada Senin (13/8) ke posko BUMN di Tanjung Lombok Barat, bersamaan dengan kedatangan Presiden RI Jokowi dan Menteri BUMN Rini Soemarno. 
   
Menteri BUMN, Rini Soemarno sebelumnya mengapresiasi peran aktif BUMN yang telah membantu korban bencana gempa Lombok. 
   
Dia mengaku bangga melihat besarnya inisiatif para BUMN yang terlibat menyalurkan bantuan hingga mendirikan posko di sejumlah daerah terdampak gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.     "Kami berharap bantuan BUMN ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa bumi di Lombok, sekaligus dapat mendukung upaya-upaya penanganan pasca bencana ini," ungkap Rini ketika mengunjungi salah satu posko pengungsian korban gempa di Desa Kekait, Gunung Sari, Lombok Barat.
   
Lebih jauh Rahmad mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada saudara sebangsa yang saat ini sedang ditimpa musibah gempa bumi di Lombok. 
   
"Adalah komitmen kami untuk selalu hadir dalam setiap kejadian kemanusiaan. Sebisa mungkin kami akan tetap  membantu, karena kejadian seperti ini pasti membutuhkan pertolongan segera." ujar dia.
   
Mawardi, anggota tim Peduli Bencana KSG berbagi pengalaman bagaimana mereka turut merasakan yang dialami para korban di hari pertama sebelum mereka menyalurkan bantuan.
 
Menteri BUMN Rini Soemarno tengah meninjau program bantuan bagi korban gempa Lombok yang dilakukan BUMN(Antara Foto/ Arsi

   
"Keterlambatan kargo  membuat kami harus sama-sama berjuang agar kebutuhan dasar dapat terpenuhi dahulu. Untuk mendapatkan air mineral dan makanan siap saji, kami harus ke daerah Selong yang berjarak 60 kilometer dari tempat bermalam, di Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Semua bantuan baru diterima esok hari," ujar Mawardi. 
   
Namun dengan keterbatasan teknis operasional dan jarak tempuh antar daerah yang cukup menyita waktu tidak menurunkan semangat tim Peduli Bencana KSG dalam misi kemanusiaan ini. Bantuan berhasil disalurkan setelah berkoordinasi dengan ketua Tim Bencana BUMN Peduli Lombok.
   
"Saat ini tim medis sedang berada di lokasi posko kesehatan di Kantor DPRD Tanjung, sedangkan tim yang lainnya memberikan bantuan di Selong, Lombok Timur." ujarnya menjelaskan. 
 
Truk pengangkut bantuan Krakatau Steel tengah melintas menuju Lombok NTB untuk membantu korban gempa (Antara Foto/ Arsip)


Baca juga: Alfamart Kirim Bantuan Korban Gempa Lombok
 

Pewarta: Ganet Dirgantara

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018